nhk

Tips Motor: Cek Kondisi Motor Dalam Hitungan Menit

 

ManiakMotor – Ini tips yang sebenarnya harus dilakukan sehari-hari sebelum motor digunakan. Singkat padat dan pasti nyaman karena telah diketahui lebih dulu kondisinya. “Nggak sampai tiga menit kok, apalagi dicek saat motor sambal dipanaskan untuk siap berangkat,” kata Totok dari Staf Marketing FDR.

Walau dia dari FDR, tapi nggak cerita ban melulu. Ada beberapa item yang perlu dicek agar sampeyan nggak tiba-tiba berhenti dikerjai motor;

1. Ban Dan Roda
Paling utama cek tekanan ban depan dan belakang dengan pressure gauge. Tanpa alat itu juga, bisa dipencet-pencet dengan tangan apa perlu singgah di tempat si Lae, tambah angin? Kempes dan dipaksa dinaiki, ban dalamnya kejepit dan akhirnya bocor. Sekalian saja cek kondisi pelek, apakah ada yang peyang buat pelek racing dan jari-jari kendur buat yang jari-jari.

2. Oli Dan Bahan Bakar
Lihat indikator bahan bakar apakah masih cukup atau tidak untuk mencapai tujuan. Motor-motor yang baru dan apalagi yang berumur, takaran oli wajib dicek. Oli apa pun mereknya tetap akan menguap terhadap panas dan gesekkan. Periksalah apakah menyusut?

3. Spion

Spion ini sepele. Tapi bila tak dibetulkan posisinya sebelum berangkat memantau keadaan belakang, juga mengesalkan. Begitu diperlukan untuk ngintip eh malah wajah sampeyan yang ganteng yang muncul dari balik kacanya. Tindakan belok atau menyalib pun kadang ditunda atau terpaksa sampeyan menengok lebih banyak.

4. Lampu
Tes semua fungsi lampu apakah bekerja dengan baik atau tidak. Mulai dari lampu depan, rem dan sein. Lampu-lampu ini sangat membantu buat sampeyan dan pengendara lain. Jangan sampai ditabrak dari belakang, lantaran lampu rem tidak berfungsi. Atau dilibas dari samping karena sein tidak bekedip.

5. Standar samping dan tengah
Cek kondisi standar samping, lihat apakah ada yang retak atau bengkok. Tidak lupa lihat bagian per-nya, apakah masih cukup kuat menahan motor dengan aman. Jangan lupa juga standa samping dikembalikan pada posisinya, bahaya bila menggesek aspal saat membelok ke kiri.

Coba hitung pasti nggak sampai tiga menit memeriksa semua item yang memang wajib dicek saban waktu itu. MM

BACA JUGA

Tips Motor; Part Ori Jauh Lebih Murah Dari Orisinal…?

Tips Motor; Saat Hujan Pantau Tekanan Ban, Perhatikan Tire Ware Indicator

Tips Motor: Atur-Atur Paking Asbes Kenalpot

Tips Motor; Membersihkan Mika Rem, Cukup Sikat Langsung Clink

Tips Motor; Membersihkan Saringan/Sarangan Knalpot Racing Harian, Kembalikan Poer 2 Dk

 

BAGIKAN