nhk

Tips Motor: Darurat Ganjal Rumah Laher Roda Yang Longgar

 

Maniakmotor – Bearing atau laher roda oblak dan tidak lekas diganti bisa bikin rumahnya pada tromol terkikis, makin longgar. Jika sudah begitu, mesti ganti berikut tromolnya. Masalahnya harga tromol ori  mahal bos, rata-rata di atas Rp 130 rebuan, belum termasuk ongkos bongkar pasangnya.

Tapi tenang masih bisa diakali kok untuk sementara, “Ganjal saja dengan pelat kaleng bekas oli atau cat. Jangan bekas minuman ringan cepat kalah, ucap Masrukin dari Kinds Motor Jember Jatim. Prosesnya juga nggak sulit alias bisa sampeyan praktekin sendiri di rumah.

Langsung, seperti biasa sebelum kerja siapkan peralatannya seperti palu, obeng min, as roda bekas, tang, gunting dan plat kaleng oli/cat. Hanya dengan alat ini langkah-langkahnya bisa tuntas. Tanpa ini, ya itu namanya mengkhayal. Silakancomot roda motor sampeyan yang rumah lahernya longgar. Urusan ini pasti sudah pada jago.

Lanjut lepas laher yang rumahnya longgar, nggak perlu digetok pake palu, sudah akan lepas sendiri, kan sudah oblakSekarang pelat kaleng oli/cat lalu gunting memanjang(gbr1), panjangnya sesuain dengan celah laher dan rumahnya. Makin longgar otomatis makin panjang. Sedang lebarnya lebih tinggi dari kedalaman rumah laher ditromol, biar gampang motongnya.

Kemudian pasang pelat tadi bersamaan dengan lahernya lalu getok dengan as roda belas berikut palu (gbr2). Pastikan posisi laher kembali sesuai aslinya. Sekarang tinggal potong sisa platnya, caranya getok perlahan dengan obeng min dan palu (gbr3lalu tarik dengan tang (gbr4).

Terakhir Masrukin mengingatkan tips ini sifatnya hanya sementara kalo sudah cukup uang langsung ganti. Ya itung-itung sambil tunggu honor dari kantor. Demikianlah tips kepepet ini. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Kaki-Kaki Sehabis Melewati Jalan Berlubang

Tips Motor: Bikin Kampas Kopling Honda Tiger/Megapro Menggigit, Pakai Per Ninja!

Tips Motor; Atur-atur Tuas Rem Imitasi

Tips Motor; Setang Piston Yamaha Vega di Jupiter Z, Mantap Buat Liaran!

BAGIKAN