nhk

Tips Motor: Dongkrak Sederhana Kompresi Harian Supra X/Grand

 

 

ManiakMotor – Tidak melulu menaikan kompresi kudu bubut kepala silinder, blok silinder di tukang bubut atau ganti piston jenong. Cukup atur ketebalan paking Honda Supra X atau Honda Grand, kompresi hariannya  bisa membantu cabut-cabut akselerasi. Pokoknya enak dah.

Pakingnya pun tak perlu repot beli yang neko-neko atau bikin yang macam-macam. Gunakan saja paking silinder Honda Legenda atau Honda Supra Pit yang sudah jadi, ya jadi paking namun  beda ketebalan.

“Pakingnya lebih tipis dari Supra X, otomatis kompresi naik namun sangat aman untuk harian!” seru Lutfy bos Taman Motor Genteng yang berada di Jember, Jatim.

Lebih detil tebal paking blok silinder bawah Supra X adalah 1,2 mm, sedang Supra fit/Legenda 0,5 mm. Artinya dengan cara ini efeknya sama dengan papas head 0,7mm. Kepala piston tetap aman alias tak perlu dipapas, karena saat di TMA posisimendem piston masih sisa 0,7mm, kan aslinya 1,2 mm. “Tidak perlu bikin coakan klep pada kepala piston, asal durasi kem masih standart ya,” wanti Lutfy.

Sekali lagi, itu baru cerita paking bawah. Beda bila ganti atas-bawah, ini butuh memperdalam coakan klep pada piston. Maklum, paking Supra 1 mm dan Legenda  0,1mm. Meski bentuknya sedikit beda namun bisa langsung plek. Tinggal bikin coakan klep kurang lebih 1mm.

Trik bikin coakan klep pada piston pernah ditulis di portal ini, monggo diklik lagi. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Bikin Tarikan Kawasaki Ninja 250 Fi Responsif, Murah..!

Tips Motor; Libas Banjir Tanpa Biaya

Tips Motor: ‘Resolusi’ Kopling Ganda/Sentrifugal Slip

Tips Motor ; Papas Kampas Rem Untuk Cakram Yang Berumur

BAGIKAN