nhk

Tips Motor: Filter Oli Scorpio, Jupiter Z Dan Vega R, Bisa Tukar-Tukaran

ManiakMotor –  Filter oli Yamaha Scorpio bentuk dan kegunaannya sama saja dengan milik Yamaha Jipiter Z, Vega ZR dan Vixion, namun harga dan kualitasnya berbeda.

Punya Scorpio dari kawat kasa, sedang Jupiter Z dan kawan-kawan lain hanya kertas, tapi bisa tukar-tukaran,” buka Jumari, Kepala Mekanik bengkel resmi Yamaha di daerah Cinere, Depok.

Alat penyaring gram hasil gesekan komponen mesin itu, milik Scorpio yang punya kode produk 1UY-13440-02 dan Jupiter Z berkode 1S7-E3440-00. Beda harga beda kualitas. Kata orang, duit nggak bohong.  Milik Scorpio dijual Rp 82.000 dan Jupi Rp 22 ribu. Selisihnya Rp 60 ribu, namun milik Scorpio bisa dipakai lebih lama bahkan setiap 10.000 hanya dibersihkan lantaran bahannya kawat.

 Menurut buku panduan Jupiter Z, filter oli Jupiter harus diganti setiap maksimal 10.000 km. Atau saat warna kertas saringan berubah menjadi gelap. Tapi jika pakai filter oli Scorpio, selama kondisi kawat kasa tidak rusak masih bisa dipakai. Dengan catatan filter oli dibersihkan terlebih dahulu dengan bensin, kalau yang kertas kan tidak bisa dicuci,” cocor Jumari.

Penggantian ini tinggal pasang alias sama bentuknya. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353