nhk

Tips Motor: Fungsi Peranti Safety Riding Pada Motor, Tidak Sekadar Gagah

 

 

ManiakMotor – Mungkin kebanyakan hanya dimulai dari gagah-gahan motor untuk tambah peranti ini dan itu. Padahal komponen itu bagian dari savety tool riding atau alat keamanan pada kendaraan. Wajar, sebab bisa menambah macho si motor dan penunggangnya.

Contoh hand guard yang terpasang di kiri-kanan setang. Fungsinya sederhana, yaitu melindungi saat kendaraan motor sampeyan dapat hantaman dari depan. Kalau di area tubuh yang dilindungi sudah pasti daerah tangan dan kaki. Tangan selain sarung tangan tentu juga hand guard yang ngetopnya dari motocross dan adventure. Sedang kaki adalah sepatu turing, kalau di balap sepatu balap.

Kedua yaitu frame slider, piranti yang satu ini banyak model yag beragam-ragam dijual di toko, semuanya untuk kencantikan. Padahal sebenarnya untuk keamanan motor itu sendiri dan dengkul terjepit motor bila amit-amit jatuh. Harga kisaran Rp 300 ribu sampai dengan yang dua juataan motor. Itu tadi yang dilindungi bodi dan rangka motor. Umumnya piranti ini dipasang pada motor berjenis sport.

Ada juga savety tool riding yang melindungi area mesin, namanya engine guard. Dari namanya pasti udah tahu fungsinya. Biar panjang aja ini tulisan hehe, fungsi dari engine guard mempunyai dua fungsi. Yang sudah pasti untuk melindungi bak mesin dari benturan batu. Biasanya juga hanya dipakai di motor-motor penggaruk tanah.

Terakhir sering dipakai di motor-motor balap, tetapi untuk harian juga bisa bro, hitung-hitung menunjang penampilan. Nama pirantinya chain guard. Zaman dulu sebenarnya rantai ditutupi seluruhnya, tapi benda ini dianggap malah menganggu sehingga dari pabrikan hanya separuhnya. Sekarang ada pelindung yang manis dan simpel, aman buat rantai pukul sana dan sini, aman juga buat kaki dan sepatu dari hantaman rantai.

Ya seperti itulah nformasinya. Ada nasehat nih dari seorang builder sekaligus pengusaha aksesoris motor, Arie Wijaya dari Baru Motor Sport (BMS). “Ada baiknya untuk beli savety tool riding yang berkualitas dan jangan yang abal-abal selain untuk keselamatan, untuk style pun sudah pasti terjamin,” Ujar Arie. Prat

BACA JUGA

Tips Motor: Sil CVT Pecah? Nih Caranya..!

Tips Motor: Fungsi Peranti Savety Riding Pada Motor, Tidak Sekadar Gagah

Suspensi Depan Ohlins Bikin Juara Yamaha R25 Di ARRC, Ampuh Untuk Sokbreker Teleskopik!

Scooter Clinic Indonesia (SCI), Klinik Kesehatan Scooter Dan Vespa, Sampai Speed Tuning

Tips Motor: Korek Kem (Noken-As) Standar Semua Motor Harian

BAGIKAN