nhk

Tips Motor: Ganti Kampas Kopling Yamaha V-Ixion Tak Semata Bongkar Lalu Pasang


 

ManiakMotor – Ini tips sederhana agar Vixion dan New Vixion enak buat jalan jauh. Berhubung  musim mudik, cocok dipakai pulang kampung untuk lebaran. Siapa tahu memang sudah waktunya ganti kampas kopling. Ciri-ciri ganti kampas kopling tentu saja tenaga mesin sudah tak bisa diteruskan dayanya oleh kampas. Motor seperti dikopling saat mau berangkat.

Tipsnya bisa dilakukan sendiri di rumah yang penting perkakasnya komplit. Yang harus disiapkan adalah kunci T8, 10, 12 dan 19. Sebelumnya juga harus siapkan penampungan oli, karena olinya harus dikuras dulu. Termauk untuk menampung perkakas baut, mur dan kampas kopling bekas.

Lanjut kerja, jangan bengong, Kerja adalah ibadah. Lanjut ibadah, eh kerja tips, lepas starter tendang dengan kunci 12. Langkah selanjutnya buka juga dudukan penahan starter pakai kunci 12. Ini harus diperhatikan langkah-langkahnya, jangan buru-buru, tenang aja.

Kendurkan dalu lalu lanjutkan buka baut dengan kunci delapan pengikat  bak kopling. “Jumlahnya ada 10 baut, kalo jumlah baut yang terbuka sudah sesuai dengan jumlahnya pastinya sudah bisa terbuka,” ucap Ali, mekanik Yamaha Yakin Motor, Jagakarsa, Jakarta Selatan. “Saat membuka perhatikan juga posisi panjang dan pendeknya, karena setiap lubang itu berbeda panjang sesuai ketebalan baknya. Maksud dia, agar saat memasangnya jangan terbalik.

Langkah selanjutnya buka bak kopling, kalau keras bisa dibantu dengan obeng sambil dipukul-pukul perlahan. Kemudian buka 4 baut pada  rumah kopling dengan kunci T12. “Perhatikan cara membukanya, harus menyilang, jangan searah jarum jam, begitu pun untuk pasangnya nanti, itu untuk meminimalisir penahannya pecah,” sambungnya.

Pada Yamaha V-Ixion, kampas ada 5 lembar, pelat koplingnya 4 keping. Pelat kopling juga harus dicek, khawatir ada yang tergerus. Maka lebih bagusnya diganti saja satu set agar aman dalam perjalanan panjang. Jangka waktu gantinya juga panjang.

Namanya juga ganti kampas, berarti kampas lamanya jadi barang bekas, jangan dibuang. Lalu pakai baru. “Urutan pemasangannya jangan sampai keliru, pertama masuk adalah kampas kopling  lalu diikuti pelatnya, lakukan langkah itu sampai tersusun,” lanjut pria ramah sekali ini.

Pasang kembali penutup kampasnya, menggunakan baut yang ada per koplingnya. Setelah kencang, usahakan disetel dulu tingkat kerenggangan koplingnya, karena karakter orang berbeda ada yang suka kopling dekat, kopling jauh atau yang sedang.

Menyetelnya ada 3 macam, bisa dari rumah koplingnya yaitu menggunakan kunci 10 dan obeng plus, atau bisa dari tuas hendle, atau bisa juga dari tuas yang menempel pada crangcase. Settingan disesuaikan dulu sebelum bak kopling terpasang.

Terakhir pasang kembali bak koplingnya, ingat perhatikan posisi panjang bautnya, jangan sampai tertukar, jumlahnya juga masih tetap ada 10 yaa brosist. Ghalib

BACA JUGA

Tips Motor: Karet Intake Manifold Imitasi, Mudah Bocor, Cor, Cor..!

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Kohar Piston NPP, Murah-Meriah-Kencang, Hanya 200 Ribu!

Tips Motor; Hati-Hati Bongkar Baut Counter Super Kips Ninja 150RR

BAGIKAN