nhk

Tips Motor: Ganti Knalpot Racing Pada Motor Injeksi

ManiakMotor –  Sensor CO2 atau karbondioksida yang dipasang pada saluran exhaust  pembaca otomatis debit gas buangnya. Bila  kenalpot ganti free flow atau racing harian, sensor ini akan mengirim sinyal berbeda pada Electronic Control Unit (ECU). Sensor akan bercerita pada ECU, bahwa ia sudah dilewati banyak gas buang yang tidak seperti biasanya. Maklum, sistem injeksi sangat cerewet, brosist.

ECU yang berfungsi sebagai komondan akan ‘main tunjuk’ sensor pada  throtlle body (saluran masuk) memperbesar debitnya mengimbangi gas buang. Itu akibat dari laporan si sensor CO2 tadi.

“Sensor CO2 pada saluran buang ini yang ikut membaca bahan bakar yang belum terbakar. Campuran bensin terlalu kaya, miskin dan sebagainya langsung diperbaiki dari ECU dengan cara memainkan waktu pengapian dan throttle body. Kurang lebih kerjanya seperti itu,” kata Jumari, selaku Chief Mekanik di bengkel resmi Yamaha Perwira Motor di Cinere, Depok, Jawa Barat.

Ada dua penempatan sensor dari bawaan motor injeksi. Yakni pada  leher kenalpot dan di mulut saluran buang. Jika sensor CO2 ini dipasang pada leher pipa kenalpot membuat masbro agak repot ingin menggantinya dengan knalpot racing. Bila pasang kenalpot sembarangan yang belum dilengkapi sensor, jangan harap terjadi peningkatan tenaga. “Yang ada jadi ngaco, karena ECU tidak menerima input dari sensor CO2,” tambah Jumari.

Sebaliknya ya lebih mudah yang alat sensor persis di mulut saluran buang alias tidak terintegrasi pada leher kenalpot. Kenalpot racing harian langsung bisa dipasang. Kan sudah diceritakan tadi, secara otomatis ECU terima cerita sensor yang cerewet itu. ECU akan menambah pasokan bahan bakar dan sekaligus kurva pengapian menyesuaikan.

Contoh yang paling mudah pada Yamaha New Vixion yang letak sensornya bukan di leher knalpot tapi  di mulut exhaust. Jadi kenalpot racing tinggal pasang. Sementara pada motor lain yang sesornya terletak di leher knalpot tentu harus memindahkan dulu.”Selama kenalpot racing dipasangi sensor CO2 settingan akan langsung menyesuaikan. Saat ini pengusaha kenalpot racing harian sudah menyediakan sesuai ulir sensor masing-masing motor,” tutup Dodo dari CLD Racing yang otomatis produksi kenalpotnya telah mengikuti kebutuhan sensor tadi. MM

BACA JUGA

 Tips Motor: Setel Klep Yamaha Mio

Tips Motor: Air Radiator Vario, Jangan Anggap Enteng

Pakai Rumah Kopling TK Racing Honda CB150R STD Naik 2 DK Dan Torsi 1 Nm, Getaran Ndut-Ndutan Sembuh (2)

Pakai Kruk-As, Piston, Kem Dan Pengapian TK Racing, Kawasaki KLX150S Naik 5 DK (5), Untuk Trabas

Pakai Blok Silinder Dan Piston 58 mm TK Racing: Kawasaki KLX150S Naik 2.8 Dk (4)

BAGIKAN