nhk

Tips Motor: Ganti Rocker-Arm/Pelatuk Klep Roller Mega-Pro, Cuma Rp 10 Ribu!

 

Maniakmotor- Sejatinya rocker arm atau pelatuk klep Honda Mega Pro lama masih konvensional alias jadul. Dibilang begitu lantaran bagian pelatuk yang menginjak noken-as masih pakai sendal eh sepatu. Beda dengan sepatu kulit sampeyan yang gampang bau, husss. 

Yang ini dibikin dari besi yang terkenal atos. Makanya benjolan noken-as kerap kemakan alias aus. alo sudah begini angka buka-tutup noken jadi ngaco dan motor makin loyo, juga berisik. Nah, jika ketemu begitu sudah bisa ditebak dari situ penyebanya pada Mega-Pro.

Makanya banyak yang ganti pelatuk canggih pakai bearing alias pelatuk roller. Keuntungannya selain bikin noken-as awet, juga bikin cabut-cabut motor makin yahud. Ya karena minim gesekan putaran mesin jadi lebih ringan. Sayangnya, karena terlalu canggih harganya jadi sedikit mahal, satu setnya dibandrol Rp 350 ribuan lebih. 

“Kalau mau yang murah pakai pelatuk mocin Viar roda 3, dimensinya plek dengan asli MegaPro atau Tiger,” seru M  Lutfy, bos Taman Motor Genteng Banyuwangi, Jatim. Soal kekuatan nggak usah diragukan lagi, tau sendiri lah motor ini memang dirancang buat bonceng yang berat-berat. Lutfy juga sudah pasang duluan pada Mega-Pro miliknya, jadi sudah ada contoh dan bukti.

Tetap ada penyesuaian pada bagian kem-nya, pinggang kem ditambah daging lalu profilnya dibikin ulang. Bentuknya agak membulat macam milik Honda Blade. Nah kalo nggak mau ribet pasangnya ya sekalian sat upaket dengan noken as-nya. Tinggal dibubut bagian ujungnya, diameternya dibuat 17 mm agar bisa dipasang laher seperti asli MegaPro. 

Silahkan lacak sparepartnya di dealer terdekat, di beberapa daerah memang agak sulit, lantaran banyak yang gulung tikar. Kalo Lutfy tadi dapetnya di besi tua, harga pelatuk dan noken as-nya cuma Rp 10 ribu. Pantesan murah… GS

BACA JUGA

Tips Motor: Perbedaan Ban Tubeless Dan Biasa Untuk Berkendara

Tips Motor: Ampere Aki Harus Sama Dengan Pengganti

Tips Motor: Deteksi Kebocoran Oli Di Area CVT Motor Matic

Tips Motor: Jurus Mudah Kuras Kotoran Tangki Bahan Bakar

 

 

 

 

BAGIKAN