nhk

Tips Motor; Ganti Sendiri Oli Sil Magnet/Kruk-As Honda C-Series

 

Maniakmotor– Honda CSseries (Prima, Grand, Legenda, Supra, dan Revo) magnetnya kering. Maksudnya tidak terendam oli. Sudah tentu disana adaoli silnya brosis. Bila ada oli yang menetesdari bak magnet bisa jadi sil tadirusak/getasmaklumlah kerjanya berat bro menahan olimesinyang sudah pastilah panas. 

Cara gantinya agak ribet dikit. Namun bisa dikerjakan sendiri. “Asal punya perkakasnya dirumah seperti obeng min, T8, kunci ring 10 dan 14, tang penjepit, dan treker magnet,” cakap Afandi mekanik Ahass Genteng, selebihnya ya wajib ikuti tulisan ini sampai habis. 

Langsung praktek deh, tapi sebelumnya geber motor ke toko sparepart deket rumah guna menebus dua biji oli silnya yang berbeda ukurannya. Kode silnya 30434,5 (besar) dan 18,9285 (kecil), harganya paling mahal Rp 15 ribu. 

Langkah pertama kendurkan baut pedal perseneling dengan kunci ring 10 (gbr1) lalu copot. Lanjut membuka cover magnet dengan kuci T8 (gbr2). Selanjutnya kendurkan mur magnet dengan kunci ring 14 (gbr3), lalu gunakan treker untuk mencabut magnetnya (gbr4). Lepas juga spi magnetnya, caranya dorong dengan obeng min. Kalo seret getok pelahan dengan palu (gbr5) 

Dilanjut dengan melepas penahan gigi starter dengan T8 (gbr6) dan tang penjepit (gbr7) lalu tarik gigi tadi bersamaan. Barulah akan terlihat sil dibalik gigi tadi(besar). Sil satunya lagi (kecil) ada di gigi starternya untuk melepasnya cungkil dengan obeng min (gbr8), rusak juga nggak apa-apa, karena sudah rusak, hehe. 

Untuk pasang sil yang barucukup tekan dengan ibu jari (gbr9). Cara ini lebihaman ketimbang menggunakan benda keras sebab silrawan sobek. 

Silahkan rakit kembali yang sudah terlepas tadi dengan urutan kebalikannya. setelah beres ajak motor keliling komplek, sesekali berhenti sambil dilirik bak magnetnya apa masih ada oliyang menetes. Tapi jangan lirik istri tetangga ya..GS

BACA JUGA

Tips Motor; Bersih-Bersih Karburator Pakai Ini, Nih..!

Tips Motor: Cek Kondisi Motor Dalam Hitungan Menit

Tips Motor; Part Ori Jauh Lebih Murah Dari Orisinal…?

Tips Motor; Saat Hujan Pantau Tekanan Ban, Perhatikan Tire Ware Indicator

Tips Motor: Atur-Atur Paking Asbes Kenalpot

 

 

BAGIKAN