nhk

Tips Motor; Ganti Sendiri Sil Sarter Semua Merek, Modal 2 Kunci, Bro!

 

 

ManiakMotorEces mah ganti sil slahan/as starter pada semua motor. Reporter yang menulis ini  sudah praktek duluan sebelum woroworo ke sampeyan lewat portal ini. Gantinya nggak perlu bongkar bak kopling segala tapi cukup buka pedal starternya, bro.

Modalnya cukup dua kunci untuk melepas sil ini, yaitu obeng min dan kunci pembuka baut starter. Nah yangmembedakan ada pada baut pengunci starter pada merek dan tipe. .Ada yang pakai baut 10, (Honda C-series, Jupiter Z/Vega) baut 12 (Supra X 125, Mega Pro, Shogun/Smash), baut 14 (New Jupiter Z, Vega ZR, dan Vixion). 

Ada juga yang menggunakan baut L macam Thunder 125 RX-King dan Satria F. Termasuk ukuran sil juga berbeda, lebih pastinya setelah sil dilepas, diintip sendiri kode silnya. Atau bawa saja sekalian beli penggantinya di toko sparepart dekat rumah. 

Ayo praktek bersama, sebelumnya siapkan kunci baut starter sesuai motor yang disebujt di atas dan obeng min. Kendurkan baut starter (gbr1), tarik pedal starternya kalau susah bisa dibantu obeng min (gbr2). Copot silnya, caranya cungkil dengan obeng min (gbr3). 

Sekarang tinggal pasang sil yang baru, caranya masukkan sil di as starter. Pas masuk rumah sil dibak kopling pasti rada seret, bisa ditekan perlahanmenggunakan obeng min,biar sil tidak rusak/sobek lapisi obeng dengan kain (gbr4). 

Eh hampir lupa, gejala sil minta diganti, oli sering meler dari as starter ini. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Rawat Setang Piston Jupiter Z Lewat Sil

Tips Motor: Dongkrak Sederhana Kompresi Harian Supra X/Grand

Tips Motor; Bikin Tarikan Kawasaki Ninja 250 Fi Responsif, Murah..!

Tips Motor; Libas Banjir Tanpa Biaya

 

BAGIKAN