nhk

Tips Motor; Ganti Sendiri Spul Pengapian Honda Supra-X

 

Maniakmotor – Cara ganti spul pengapian Honda Supra-X ternyata mudah sekali, bro. Asli, sudah dipraktek penulis sendiri waktu motormya mogok di jalan. Tentu saja cerita berdasarkan pengalaman dewek. Sebelumnya beli dulu spul penggantinya, dong. Yang ori  harganya Rp 130 ribuan. Tips ini juga bisa dipakai saat megganti spul lampu yang koit  karena di Supra X spul pengapian dan lampu jadi satu (gbr-1). 

Memang menggantinya tidak semudah membaca cerita ini. Beda dengan disebabkan perangkat pengapian lain misalnya CDI, koil, atau busi yang cukup dengan modal uang sambil pegang obeng sudah bisa diganti. Kolo spul pengapian butuh sedikit usaha dan keringat, harus bongkar mesin bagian kiri. 

Siapkan peralatannya seperti kunci T8, kunci pas 10, obeng plus, multitester dan loyang atau wadah kecil untuk tempat baut. Loyang ini penting supaya onderdil yang lain tidak berhampuran di mana-mana saat bekerja. Jangan lupa juga siapkan kopi dan rokok, yang ini sepele namun membantu kelancaran kerja bro, hehe. Itu yang buat perokok loh.

Langsung kerja, telanjangi dahulu coverbody bagian kiri, kalo urusan ini pasti brosis sudah pinter semua kan rajin baca tips maniakmotor.com. Kemudian copot tuas perseneling dengan kunci pas 10 (gbr-2). Buka baut penutup magnet pakai kunci T8 (gbr-3). Nah, jangan lupa taruh semua bautnya ke loyang sambil di ingat posisinya agar tak repot saat proses pemasangan nanti.

Lepas soket kabel kelistrikan dari spul (gbr-4), copot cover magnetnya. O iya di rSupra-X magnetnya tidak terendam oli alias kering jadi nggak perlu kuras oli segala. Makanya disebut di atas tadi, langkah-langkahnya sangat mudah. Kemudian copot baut pulser (gbr-5), spul (gbr-6) dan penahan kabel (gbr-7) menggunakan kunci T8. Lepas spul yang lama lalu ganti yang baru beli tadi. 

Silakan sruput kopi lagi sambil merangkai yang sudah terlepas tadi. Kan sayang kopinya kalo nggak dihabisin. Terakhir setelah cover magnet terpasang coba cek dengan multitester kabel spul (hitam strip merah) dengan massa (gbr-8), kalo keduanya terhubung berarti empat jempol buat sampeyan. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

Tips Motor; Setel Klep Matic/Matik, Jangan Asal-Asalan, Kompresi Bocor!

Tips Motor; Jangan Bingung Melepas Tutup Aki Vario Tekno 125

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

 

 

BAGIKAN