nhk

Tips Motor; Ganti Sikat (Brush) Motor Starter Sendiri, Langsung Jreng!

 

 

ManiakMotor Bukan mungkin lagi, tapi pasti  mengalami starter elektrik motor ngadat. Tombol sudah dipencet-pencet, namun tak ada reaksi sama sekali. Ya, terpaksa menggunakan tendangan tanpa bayangan. Eh, maksudnya kick starter brosist.

Tindakan darurat langsung pengecekan aki sumber pemutar dinamo starter. Tapi walau sudah diganti baru, tetap saja tak mau. Sudah dipastikan itu dinamonya yang masalah, tapi jangan langsung pakai ‘lembiru’ alias lempar yang lama beli baru. “Itu hanya brush atau sikat yang aus. Brush sudah tak menjangkau rotor atau komutator dinamo,” beber Tri Haryadi, guru kelistrikan di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng.

Brush memang didesain untuk aus dan lama-kelamaan panjangnya berkurang akibat dari gesekkan komutator. Mengatasinya harus dibongkar motor starternya. Caranya? Lepas soket-soket kelistrikannya. Selanjutnya lepas tutup bak mesin bagian kiri. Setelah terlepas akan kelihatan cincin pengunci, lepas cincin tersebut,” kata guru yang juga pelatih pencak silat dan punya elmu tendangan tanpa bayangan macam Jet Lee itu. Ciaatttt..  

Lalu, setelah semuanya terlepas, berikutnya lepas baut pemasangan motor starter pada mesin. Lanjut buka penutup motor starter dengan cara melepas baut-baut penguncinya. Kalau repot langsung saja ke bengkel. Yang penting sumber kerusakannya sudah jelas. Minta diganti brush-nya dengan yang baru. Supaya si mekanik nggak mutar-mutar buka ini dan itu, padahal yang diganti cuma sikatnya yang tak lebih dari Rp 10.000 harganya.

Di buku manual sepeda motor, keausan yang diizinkan tidak lebih dari 4 mm.  Nah, jika keausan sudah melebihi itu, sekali lagi wajib diganti dan pasti langsung bisa. Tapi sebelum pasang yang baru, lakukan pembersihan dari minyak dan debu. Ini juga yang bikin cepat rontok brush,”yakin guru gaul yang sepintas mirip Ustadz Soulmate itu. Wkwkwk

Perlu diperhatikan saat membersihkan komutator, jangan sekali-kali membersihkan permukaan komutator yang berdebu dengan menggunakan amplas. Bila kena ampelas, putarannya terhadap brush tidak akan rata.  Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Membersihkan Knalpot 4-Tak, Modal Lakban Dan Oli

Tips Motor; Atasi Baret Pada Kaca Lampu, Cukup Main Kompon!

Tips Motor; Tebal-Tipisnya Glasswol Knalpot Racing Harian

Tips Motor; Kurang Tekanan Angin, Ban Dalam Hancur

Tips Motor: Setting CDI Rextor Limited Edition (Programable) Sendiri Pada Korek Harian

  

 

 

BAGIKAN