nhk

Tips Motor; Hilangkan Goresan Pada Kaca Helm, Kembali Bening

 

 

ManiakMotor – Cuaca dan umur penyebab timbulnya goresan pada kaca helm. Pasti burem. Belum lagi helm pada kepala sampeyan, pasti kena cipratan air bercampur lumpur di kala hujan dari kendaraan pengendara lain. Hujan reda, kotoran ini pun t mengering kena terpaan angin. Sampai tujuan biasanya helm kotor ini segera dilap sembarangan.

Dari sinilah menurut Ardi awal goresan-goresan kecil dan halus pada kaca dari mika atau akrilik menumpuk. Hasilnya helm yang kusut, eh, burem. “Jangan terburu-buru saat membersihkan kaca helm menggunakan lap. Saat dilap maka kotoran dan debu akan melekat dipermukaan mika. Kotoran dan debu akan menggores kaca helm sebab seretan kain lap. Sebaiknya menggunakan lap basah dan dilap lembut,” kata Ardi yang di  tempat doi menjajakan kaca helmnya di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa.

Tapi tenang yang sudah keburu banyak goresan, Ardi punya cara bikin helm bening kembali. Malah katanya aman untuk kaca helm akrilik. Supaya mudah pengerjaannya, lepaskan kaca  helmnay. Cucilah kaca helm dengan air sabun. Lalu ampelaslah kaca mika helm dengan perlahan-lahan menggunakan ampelas halus nomor 2000 untuk baret yang kasar dan sehabis itu naik level dengan ampelas nomor 3000 untuk menghaluskan baretan dengan teliti.

Saat diampelas jangan lupa memastikan air sabun terus membasahi kaca helm. “Untuk menguji coba apakah kaca helm tahan diampelas, coba dari pinggir kaca saja sedikit-sedikit dulu,” ujar pria perawakan kurus itu.

Setelah diampelas pastilah kusam, nah ini dia tugas white rubber compound. Gosoklah dengan compound ini pakai kain jenis katun biar aman.  Oleskan kompon pada kaca, lalu dilap hingga tidak ada goresan-horesan bekas ampelas “Agar lebih maksimal, lap terus sampai bening,” tandas doi yang sudah kurang lebih enam tahun berkecimpung dengan kaca helm.

Tapi kolo sudah tak bisa dibeningkan ya beli kacanya. “Murah kok, untuk kelas premium yang sudah SNI antara Rp 20.000 sampai Rp 60.000. Tinggal beli yang pas kacanya, kan sekarang kaca helm bagian dari purna jual suku cadangnya,” timpal Johanes Cokrodiharjo, mentor Marketing PT DMI yang menjual hem NHK dan GM. Rud

BACA JUGA

Tips Motor Lalulintas; Jangan Mau Ditilang Bila Telat Bayar Pajak!

Tips Motor; Tambah Busa Jok KLX150, Ergonomik Pebonceng

Tips Motor: Perhatikan Surat Tilang Dari Polisi, Ada Kertas Biru Dan Merah

Tips Motor; Cara Sederhana Biar Setrum Aki Selalu Kuat

Tips Motor; Pinston UMA Yang Ringan, Buat Bebek Balap Sampai Liaran

 

BAGIKAN