nhk

Tips Motor: Huss…Usir Geresan Pada Cat

Tips kinclong
Siapkan Tiner, kit, ampelas halus dan lap lembut

ManiakMotor – Tergores atau baret pada cat motor kadang dianggap biasa. Tapi kalau kian banyak goresannya, akhirnya mengganggu. Apalagi bagi pemiliknya apik, kena gores sikit sudah khawatir, apalagi motor baru, nggak bisa tidur tuh. Selama baret atau lecetnya ringan bisa disembuhkan sendiri,” kata Ahmad Endang, ahli cat dari workshop Tauco Custom di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan.

Yang harus disiapkan adalah kompon, obat poles, lap lembut  dan ampelas nomor 1.500. Semoga dengan alat-alat ini mampu mengusir baret pada bodi motor. Jika baret belum sampai melukai cat dasar, besar kemungkinan akan hilang. Berdoa saja. Sebab hanya dengan doa manusia bisa pasrah… iya kan.

Setelah berdoa, hup… langsung kena air. Sebab, langkah pertama adalah mencuci bodi yang lecet. Jika tanpa langkah ini, kotoran justru bisa menambah parah ‘luka’ tadi. Setelah itu gosok baretnya dengan ampelas dan air.

Gerakkan saat mengampelas dilakukan memutar. Tekanan pada amplas jangan terlalu keras. Langkah ini untuk menghaluskan bagian yang lecet, juga lapisan cat di sekitarnya terangkat dan meresap ke bagian yang baret,” ungkap orang asgar alias  asli Garut ini.Ow….

Raba bagian yang lecet, jika telah halus, cuci dan keringkan kembali. Oleskan kompon secukupnya pada bagian yang baret secara merata. Gosok bagian tadi dengan lap, lakukan secara halus dan rata. Jika lapisan kompon telah meresap, periksa kembali apakah lecetnya hilang, jika belum ulangi langkah ini. Jika tidak hilang-hilang dan warna geresan kian putih hentikan. Tandanya, baret terlalu dalam dan telah mencapai cat dasar. Artinya tidak bisa disembuhkan dengan cara biasa.

Jika hilang, oleskan obat poles secara merata dan gosok sampai meresap, “Langkah terakhir ini agar cat kembali mengilap, karena tugas kompon hanya untuk meratakan cat, bukan pengilap,” tutup Endang.

Kinclong euy. 

BAGIKAN