nhk

Tips Motor: Ilmu Dari Tomo Speed King of Matic, Papras Puli Depan, Ngacirr…!

puli-cvt-tomo-speed-1

ManiakMotor – Bukan hanya di MotoGP jadi laboratorium moge yang dijual jalanan. Balap drag bike di Indonesia, juga menghasilkan ilmu yang berguna buat harian. Kali ini buat matic alias matik seputar puli CVT. Ilmu datang dari King of Matic di drag bike Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Tomo Speed Shop dari markasnya di Bendungan Jago,  Kemayoran.

Baginya balap drag bike tidak sekadar korek-korek untuk balap saja, tapi harus menghasilkan yang berguna buat khalayak ramai. “Memang derajat megubah piringan puli sudah banyak dilakukan. Bahkan sudah ada yang dicetak langsung. Tapi lebih enak hasil utak-atik sendiri. Dan untuk harian paling pas derajat piringan pulinya 13.5o,” kata Utomo alias Tomo.

Tomo pun hanya membatasi untuk puli depan bila derajatnya dimainkan. Katanya ini sama dengan memainkan sproket depan kalau motor pakai gir. Hanya dengan berubah 0.5o dari standar pabrik yang 14o mesin harian masih leluasa menariknya. Ya untuk kohar yang ringan-ringan juga bisa agar tarikannya cepat atau responsif di dalam kota, tanpa banyak membuang top speed.

Caranya tentu ke tukang bubut untuk mengiris piringannya menjadi 13.5o. Ingat ya ke tukang bubut langganan yang operatornya cakap memainkan pisaunya dann tahu derajat yang diminta. “Sudut 13.5o sangat efisien buat matic harian maupun kohar dengan spek mesin yang tidak terlalu besar,” tambah owner team TSS tersebut.

Biaya mengubah drajat puli depan tidaklah mahal, cukup mengeluarkan kocek Rp 20-35 ribu untuk ongkos bubut. Itu dengan catatan bubutnya nggak salah, hehe. “Tapi ada juga nih yang sudah ready alias tinggal pasang satuset dengan rumah roller. Ini sih sudah lewat riset, matic ngacir sampai 20 persen dari standar. Harganya cuma Rp 550 ribu,” tambah Tomo dengan seyumnnya.

Wah dagang juga, ternyata. Ndak papa, sambil jualan sebar ilmu. Tuh hubungi saja Tomo Speed Shop di Jln. Bendungan Jago Raya No 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat atau hubungi Hp 08179900655 (Tomo). Panjul

BACA JUGA

Tips Motor: Langkah Bore-Up Sekarang Sederhana, Tinggal Dananya Saja

Tips Motor; Cara Pilih Filter Udara Berdasarkan Material, Hemat Bensin Dan Kencang..!

Tips Motor: Setel Minyak Rem Yang Benar Dan Tepat

Tips Mudik Lebaran 2016:Nih, Ada ‘Ritual’ Kecil Buat Pemudik Motor

Tips Motor: Duar… Duar… Tembakan Dari Karbu Vakum, Karetnya Bocor

 

BAGIKAN