nhk

Tips Motor: Ini Dia Keuntungan Perawatan (Service) Berkala

ManiakMotor – Perawatan periodik atau rutin alias berkala memang sederhana. Tetapi kalau tidak dilaksanakan, kerugiannya tidak sesederhana itu. Bukan hanya berdampak pada kendaraan, namun juga pada pengendaranya. Jika hanya rugi materi, mungkin tak masalah, tapi macam mana bila nyawa melayang atau seringan-ringannya, cacat, ah jangan sampai deh.

Servis berkala tidak melulu datang ke bengkel dan ganti oli, lantas beres. Tapi memeriksa semua peranti yang penting layak pakai atau tidak. Contoh semua baut dan mur tak ada yang lepas. Ada yang kendur dikencangkan. Lalu ada estimasi soal kampas rem kira-kira penggunaannya.

Coba cermati soal di bawah ini pentingnya service berkala.

  1. Menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara

Perawatan sepeda motor secara berkala akan menjaga performa yang optimal. Hasilnya mengurangi risiko berkendara disebabkan bagian sepeda motor yang sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya.

  1. Umur kinerja sepeda motor lebih lama

Periodic Service yang dilakukan teratur akan mengurangi risiko kerusakan lebih parah, terutama yang disebabkan oleh kotoran/kerak akibat aktifitas mesin. Juga di dalamnya ada yang aus sudah terdeteksi lebih dulu.

  1. Biayaperawatan lebih hemat

Kerusakan mesin dan bagian sepeda motor lainnya dapat terdeteksi lebih dini yang hasilnya biaya perawatan jauh lebih murah. Mengapa demikian? Bukannya perawatan berkala akan menambah biaya?

Jika suatu komponen yang dibiarkan rusak akan menyebabkan komponen lain kena getahnya, berkaitan satu sama lain. Tapi lewat periodic service penggantian komponen hanya pada yang rusak. “Artinya bisa dilokalisir,” sebut Kiki dari bengkel maniakmotor.com, hehe.

  1. Harga jual kembali tinggi

Kondisi mesin, rangka, suspensi, bodi sepeda motor yang terawat menjamin optimalisasi kinerja sepeda motor. Keuntungannya mudah dijual dan tetap dengan harga yang tinggi.

  1. Memberikan kemudahan dalam mengetahui performa kendaraan

Dengan servis rutin atau periodic service ini akan memberikan kemudahan bikers dalam mengetahui kondisi dan performa kendaraannya secara rutin yang dapat dilakukan setiap bulannya, hasilnya adalah berkendara yang nyaman.

Bagi bikers yang memiliki tingk ataktifitas yang tinggi biasanya hanya mendapatkan waktu berlibur pada hari Sabtu dan Minggu bahkan ada juga yang hanya mendapatkan waktu luang 1 hari saja dalam 1 minggu. Tentunya alasan ini juga yang membuat bikers merasa bahwa servis rutin motor itu hanya akan menyita waktu. Nah maka gunakan waktu lowong yang dianggap sebagai hiburan. Beres kan… MM

BAGIKAN