nhk

Tips Motor; Jangan Bingung Melepas Tutup Aki Vario Tekno 125

 

 

ManiakMotor – ‘Ritual’ cek kondisi aki, wajib dilakukan berkala. Tahu sendiri brosist, aki adalah sumber arus yang mensuplai kebutuhan listrik. Kalau pun telah menggunakan aki kering, kutub postif dan negatifnya harus juga diperiksa dan dirawat. Belum lagi klem atau penyalur dayanya pada kutubnya.

Beberapa tipe letak akinya sulit dilacak. Konsumen disuruh main petak umpet, hehe. Itu bila  pemilik ogah minta buku manual. Misalnya,  Honda Vario Techno 125 injeksi, “Letak akinya di bawah pelat nomor polisi depan. Tidak seperti biasanya di bawah jok, tinggal membuka jok, aki sudah kelihatan. Barengan dengan aki, di situ juga letak dari DLC yang akan kita butuhkan saat melakukan setting komponen injeksi atau saat mencari masalah,” sebut Ariyanto, kepala mekanik di Shinta Motor, Banjarnegara, Jateng. 

Dijelaskan pula oleh Ari – sapaan akrabnya – di Honda Vario harus membuka cover depan. Umumnya kesulitan atau malah nggak tahu sama sekali letaknya, saat akan mengecek aki Vario. Cover aki tersebut hanya menggunakan dua buah baut pengunci dan flip klip. So, untuk melepasnya perlu membuka dua buah baut yang ada di bagian atas tepat di bawah batok kelapa, eh, kepala. 

Usai melepas dua baut tersebut, tidak bisa langsung tarik atau dorong penutup tersebut. Di sini masih masih ada flip klip yang perlu dilepas. Penjepit ini letaknya di ujung bawah penutup. Coba cungkil dengan obeng min, pasti copot. Hati-hati, obeng yang digunakan jangan sampai merusak cat atau pinggiran penutup. 

Caranya? “Ujung obengnya dilapisi kain. Terakhir, setelah flip klip tersebut bisa terbuka, berikutnya dorong keatas cover untuk melepaskan pengait yang berada dibagian kanan dan kiri. Setelah pengaitnya terlepas kita baru bisa mengambil penutup aki tersebut dan aki bebas diperiksa,” tutupnya. 

Bisa kan bro? Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

Tips Motor; Modal Ban Dalam, Tetap Nyaman

Tips Motor; Thai Look, Taiwan Look, Cina Look dan Indonesia Look, Boleh Dicicil

Tips Motor; Ganti Sikat (Brush) Motor Starter Sendiri, Langsung Jreng!

 

 

 

 

BAGIKAN