nhk

Tips Motor: Jangan Lengah Sama Rantai, Ini Tanda-tanda Sudah Aus

rantai-motor-tips

ManiakMotor – Rantai pada sepedamotor termasuk salah satu komponen vital. Tugasnya menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang melalui gir. Nah, bila rantai putus, putus pula tenaga ke roda alias motor pun tidak bisa jalan. Makanya, dianjurkan periksa kondisi rantai dan gir setiap 500 km atau ketika melakukan servis.

Kenapa rantai dan gir cepat aus? Kuncinya, ada pada penyetelan yang tidak selaras antara rantai dan gir. Bisa saja setelan terlalu kencang dan posisi gir miring, maka bagian dalam rantai termakan. Juga ujung gir pun bisa termakan. BIla terlalu kendur pun juga tidak bagus, rantau malah bisa lepas dari gir.

Tanda-tanda kondisi rantai dan gir tidak bagus, terasa getaran yang kuat dengan bunyi bising. Sudah disetel berulang kali, sehingga rantai melar melebihi batas toleransi standardisasi. Akibatnya, cepat menggerus gir, sendi rantai, dan bantalannya.

Perlu diketahui, pada rantai terdapat terdapat sambungan. Nah, pengikatnya ada yang model O-ring dan X-ring yang diapit antara link pin dan pelat rol link. Fungsi lain, untuk mencegah kotoran tidak masuk ke dalam.

Untuk menjaga kondisi rantai dan gir tetap moncer, periksa setiap 500 km. Rajin melumasi dengan dengan cairan khusus rantai. Kalo pakai pelumas (baru maupun bekas) akan mengundang kotoran. Ketika melumasi gunakan selang khusus yang berukuran kecil. Atau gunakan alat khusus yang bentuknya seperti teko.

“Idealnya rantai dan gir roda dipantau seminggu sekali, atau maksimal 500 km.hindari pakai gir roda alumunium untuk harian, selain tidak rekomended pabrikan juga mubazir tidak ada keuntungan performa. Gir alumunium hnaya untuk motor kompetisi,” Bilang Zakaria tuner  asal Jack Speed babelan, Bekasi Utara. MM

BACA JUGA

Tips Busi Motor: Tanda-tanda Kondisi Busi Sudah Jelek. Ini Penyebabnya

Tips Motor; Karet Vakum Karbu Motor; Ampun… Jangan Kena Bensin Melulu, BBM Mahal, Bro..!

Tips Motor: Setel Minyak Rem Yang Benar Dan Tepat 

Tips Motor: Duar… Duar… Tembakan Dari Karbu Vakum, Karetnya Bocor

BAGIKAN