nhk

Tips Motor: Jujur Nih, Tekanan Ban Kamu Diperiksa Sebulan Berapa Kali? Psi-nya Berapa

Tekanan ban

ManiakMotor – Jujur jawabnya, sebulan kamu periksa tekanan ban berapa kali? Jangan-jangan nggak pernah, baru terasa kempes atau sekalian bocor baru diisi angin normal kembali. Kata para ahli sih 10 hari sekali diperiksa tekanannya. Sudah pasti angin di dalam ban akan berkurang oleh panas dan waktu.

Itu menjaga performa ban itu sendiri, agar tingkat keausannya merata. Juga aman saat mengendara melakukan pengereman dan manuver. Di saat sama, juga menjaga keiritan bahan bakar. Tekanan yang benar sesuai motornya, bensin akan irit.

Gunakan pengukur PSI (Pounds Per Square Inch), karena PSi yang ‘merakyat’ di Indonesia alias dari pabrikan ban motor. “Setiap motor memiliki PSi masing – masing. Contoh pada motor harian 150 cc ke bawah contohnya, tekanannya 32 PSi untuk depan dan belakang 38 PSi. Kalau 250 cc ke atas 33 PSi depan dan belakang 40 PSi,” jelas Hamirudin, Kepala Bengkel Planet Ban.

Itu saja patokannya. Mau diisi angin biasa atau nitrogen, tetap akan terjadi penguapan. Itu ban saat dipakai akan panas dan kembali dingin, panas lagi yang otomatis menganggu angin yang pakai ban dalam dan tubeless. Saat diukur juga sebaiknya ban dalam keadaan dingin. Karena berbeda tekanan ban saat dingin dan panas.

BAGIKAN