nhk

Tips Motor: Jurus Mudah Kuras Kotoran Tangki Bahan Bakar

 

Maniakmotor- Cara huuuus, usir kotoran dalam tangki bahan bakar ya mesti copot tuh tangki dari tempatnya. Kalo itu sih tak usah jadi cerita. Tapi ternyata ada cara yang lebih mudahbrosis, saking gampangnya sampeyan yang tidak punya perkakas bengkel pun bisa praktek tips ini.

“Cukup sediakan selang bening atau transparan,” buka M.lutfy mekanik Taman Motor Genteng, Banyuwangi, Jatim. Selang tadi digunakan untuk mengeluarkan kotoran macam air dan karat dari dalam tangki, tapi karena kotoran tadi punya berat jenis (bj), yang pasti lebih berat ketimbang bensin otomatis ada di dasar tangki. Selang ini untuk menyedotnya.

Itu sih teori. Prakteknya langsung siapkan selang diameter 5-7 mm, panjangnya kira-kira 1 meter. Usahakan pakai selang transparan agar terlihat kotorannya yang lewat dari n dalam tangki. Juga jerigen atau botol bekas oli (volume minimal 1 liter) untuk menampung bensin. 

Sebelumnya pastikan bensin di tangki yang akan dikuras ada isinya, masak iya tangki kosong, namanya juga dikuras. Paling tidak ada separuh.  Masukkan salah satu ujung selang ke dalam tangki, ujung lain masuk ke jerigen/wadah penampung. Tiup lubang di tangki pakai mulut sampeyan hingga bensin mengalir lewat selang tadi. Nah sekarang tinggal sampeyann geser-geser posisi selang sesuai dasar tangki yang dianggap tempat menumpuknya kotoran.

Usahakan selang menyentuh dasar tangki sambil lirik tuh bensin yang mengalir dan kelihtan banyak kotorannya, tahan sebentar posisi ujungnya di satu tempat di dasarnya. Poses tadi bisa diulang hingga tangki benar-benar bersih.

Bensin bercampur kotoran di wadah penampung tadi boleh dituang lagi ke tangki. Kan tadi sudah dibilang kotorannyaselalu ada di bawah karena beda bj. Sisakan saja sedikit agar kotoran tidak terbawa ulang. GS

BACA JUGA

Tips Motor, Bore-up Mio Harian 150 cc, Pakai Piston GL-Max, Murah..!

Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Tips Motor; Mio Getar, Dilumasi Biar Tidak Gemetar

Tips Motor; Merawat Chrome/Krum Dan Metal Kinclong, Hanya Pakai Bedak

 

 

BAGIKAN