nhk

Tips Motor: Kabel Fitting Bikin Lampu Depan Mati Mulu, Ya Ganti

Fitting Lampu
Kalau sudah begini mendingan ganti bro

 

ManiakMotor – Fitting atau dudukan lampu motor berhubungan dengan kelistrikan. Kalau masalahnya dari sini, lampu juga sering mati. Bukan karena mati putus bohlamnya, namun kabel fitting yang putus, ya dikira lampunya putus.

Tahu dong mana yang baru dan lama

Rata-rata bagi pengguna motor yang umur nya sudah lebih dari 6 tahun ke atas. Ya kalau masih baru terjadi begitu, mendingan viralkan tipe dan motornya yang salah bikin, haha. “Di umur segitu,  sudah tidak asing lagi melihat kabel yang sudah banyak sambungan. Juga fitting yang dudukan postif dan negatifnya ‘melorot’ dari plastiknya,” sebut Kiki MX, mekanik yang ada di bengkel maniakmotor.com.

Pabrik nggak bisa disalahkan dalam hal itu, karena mereka juga berbisnis. Kalau fitting dan kabelnya tahan lama, nanti mereka nggak ada proyek. Vendor juga nggak ada orderan, karyawan bisa di PHK bro. Makanya bagian ini mudah putus dan termakan panas bohlam utama yang watt-nya memang tinggi.

Seperti contoh gambar di atas, terlihat jelas kalau kabel yang berhubungan dengan fitting sudah banyak yang putus. Kebanyakan orang bukannya diganti malah di selotip, “Padahal harganya nggak lebih dari Rp 30.000 atau setara dengan 3.5 liter bensin. Itu ketimbang konslet akibat rembesan air hujan atau terkena air saat mencuci motor,” tambah Kiki.

Beli fitting sesuai peruntukannya. Misalnya yang dikerjakan Honda Supra, ya beli untuk motor itu. Pada fitting sudah lengkap dengan soket yang tinggal ditancap saja saat yang lama dilepas. Habis itu, pasti lampu juga nggak mati-hidup. Eky

BAGIKAN