nhk

Tips Motor; Kaki-Kaki Sehabis Melewati Jalan Berlubang

ManiakMotor – Habis banjir jalanan rusak di mana-mana. Lubang-lubang besar tiba-tiba berhadapan dengan sampeyan. Yaah ada yang bisa menghindar ada pula yang bablas alias menghajar lubang.  Kaki-kakilah yang teracam.

Hajar jalan berlubang yang keras, ada beberapa part yang harus diperhatikan. Pertama sudah pasti pelek, karena dialah yang kontak langsung. Dia bisa peyang yang menggunakan pelek racing. Sama juga dengan pelek jari-jari yang langsung bisa terdeteksi pada jari-jarinya yang sebagian akan mengendur. Paling utama lagi jalannya jadi geol-geol.

Nah, itu yang mudah terdeteksi. “Yang harus juga diperhatikan lebih jauh roda. Benturan kadang bisa sampai ke bearing tromol,” ucap Urip Teguh, mekanik dari Ethana Performance, kawasan Beji, Depok, Jawa Barat.

“Nah untuk mendeteksi bagian bearing, cukup digoyangkan ke kanan dan kiri. Bila laher pecah bakal oblag dari bagian hub atau tromolnya. Juga akan ditandai pada as roda kecoklatan,” tambah Teguh.

Nah komstir juga rawan rusak untuk hajar-hajar lubang. Mendeteksinya posisikan motor dengan standar tengah. Angkat motor dengan memegang kedua tabung sokbreker,  lalu digoyangkan kedepan dan belakang. Aapabila agak gredeg dan oblak, coba dikencangkan atau distel ulang. Bila sudah longgar alias tak bisa disetel lagi, itu tandanya laher komstir pecah. Ghalib

BAGIKAN