nhk

Tips Motor; Kampas Kopling FR 80 Buat Jupiter, Ilmu Balap Korek Harian!

 

 

ManiakMotor – Ini memang sudah lama di dunia dongrak pengantar daya alias kopling. Kampas kopling Suzuki FR80 memang dikenal paling alot, namun ‘ngelem’ pada pelat untuk bulat-bulat meneruskan tenaga mesin ke roda. Bukan hanya untuk motor itu, tapi pas untuk semua bebek. Pasti sampeyan tahu juga, tapi siapa tahu belum ada yang tahu.

Asli sederhana sekali. Bisa saja bikin geli sampeyan, terus ketawa lantaran udah tahu, hahaha. Nggak masalah, brosist yang baru tahu semoga tambah ilmu, yang sudah tahu makin tahu, asal jangan campur tempe. Jurus ini terbukti ampuh antarkan Sulung Giwa (Putra Anugerah NHK KYB FDR SSS Excel Ardiansyah) kampiun di seri-6 MP Jawa, Mandala Krida lalu.

Ilmu balap  bisa diaplikasi buat harian. “Ukuran kampas kopling Jupiter Z lebih kecil dibanding FR80. Kurang sip dipakai untuk mesin balap.  Nggak bisa langsung pakai, perlu diubah sedikit,” kata Arya Pambudi alias Brekele mekanik pendamping tim asal Wonogori, Jateng itu.

Modifikasi itu lantaran kampas kopling FR 80 enggak bisa langsung masuk di rumah kopling Jupiter. “Makanya, kerok sedikit kampas paling dalam. Selain biar bisa masuk, ini bikin lebih hemat,” tutupnya seraya bilang kalo susah cari kampas kopling original FR 80 bisa juga yang aftermarket.

Oh ya, ada yang lupa jumlah kampas kopling FR 80 ada 7 lembar, tapi ada 2 yang nggak kepakai salah satunya bahan plat. Oke thanks bro! Silakan sampyen tiru. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Ban Motor Harian Juga Perlu Dipanaskan, Agar Ngegrip

Tips Motor: Sakelar OFF Mesin Darurat, Ya Hanya Untuk Darurat

TipsMotor; Irit Bensin, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Habis Jalan Jauh, Pengendara Jadilah Mekanik Instan

BAGIKAN