nhk

Tips Motor; Karet Vakum Karbu Motor; Ampun… Jangan Kena Bensin Melulu, BBM Mahal, Bro..!

karet-vakum-1-ok

ManiakMotor – Yang anti kena bensin bukan karburatornya tapi karet vakum pada karburator jenis vakum atau Velocity Continous (VC). Lembaran karet pada karburator ini yang membuat piston skep naik-turun sesuai sedotan (vakum) dari ruang bakar ke karbu. Karet yang selalu menyesuaikan kebutuhan udara pencampur bensin atau sesuai kevakuman putaran mesin.  

Bila ia bermasalah, akibat tersiram bensin melulu, fungsi vakum akan terganggu, tak maksimal menahan keseimbangan udara. Ya, bensin boros. Boros zaman sekarang, waduh brrooooo, ampuuuun, BBM mahal. “Sebetulnya karet vakum tidak akan langsung rusak jika kena bensin atau bahan bakar minyak (BBM) lainnya. Sesuai sifat karet akan berubah bentuk dan dimensi jika sering kena bensin,” ujar Jumari, selaku chief mekanik di Perwira Motor, Cinere.

Karburator vakum muncul di motor-motor masa kini sebelum injeksi. Terutama digunakan pada matik. Jika karet tersebut berubah dimensi yang terasa duluan mesin  tidak mau langsam, karena piston skep tidak mau menyesuaikan dengan putaran mesin tanpa adanya kevakuman. Ini akan terjadi sepanjang putaran mesin.

Banyak yangmengeluhkan karet vakum karbu jenis VC miliknya rusak atau sobek. Salah satunya karena karet tadi terendam atau sengaja direndam. Padahal bagian kepala karburator alias ruang vakum, jangan kan bensin udara pun tidak bisa masuk.  

“Bisa saja karena cara simpanan karburator yang salah saat dibersihkan. Bisa juga cara melepasnya yang asal tarik,” tambah Jumari.

Beberapa mekanik bahkan kurang paham dengan hal ini, maka bagi you, sampeyan, panjenengan, dan sodara sekalian yang menggunakan karburator jenis ini cermati saat mekanik sedang membongkar saat  servis. Gampang kan. Adit

BACA JUGA

Balancing Pelek Digital, Ongkos Rp 30 Ribu, Presisi..!

Bersihkan Karburator, Harus Dirojok

Alat Deteksi Kerusakan Injeksi Motor Berbahasa Indonesia, BBM Naik…?

Tips Ergonomik Dengan Ganti Raiser Setang Kemudi

Tips Bebek Injeksi; Mudah Sekali Setting Gir!