nhk

Tips Motor; Kenapa Lampu Halogen Tak Boleh Dipegang?

 

ManiakMotor – Bener brosist, sesuai judul. Menurut Teguh, mekanik dari Tauco Costum, tangan selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis. Apalagi saat menyala, ya nggak bisa dipegang, bisa melepuh tangan sampeyan, coy. Itu lampu memang panas, hehe.

Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen saat menyala suhu akan meningkat dan lemak akan melebur menyatu dengan kaca. “Koefisien memuainya berbeda bagian kaca bersih dan tidak,” papar pria asli Surabaya yang bengkelnya di jalan Kebagusan Raya no. 99 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Maksudnya suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang bersih. Maklumlah kaca halogen berbahan dasar kuarsa (quartz). Jika perbedaan aktivitas muainya t besar, kaca halogen sampeyan bisa retak.

Belum lagi dengan perbedaan suhu akibat lemak tangan, lama-lama kaca jadi hitam, abu-abu atau buram oleh panas lampu. Selain tidak terang, juga bikin lampu cepat putus. “Mendingan jangan langsung di pegang pada bagian kaca lampu. Ttapi pada bagian ulira besi di luar kaca,” beber pria yang juga punya hobi mancing kondeh, eh, ikan ini.

Semoga berguna tipsnya. Rud

BACA JUGA

Tips Motor: Ganti Rocker-Arm/Pelatuk Klep Roller Mega-Pro, Cuma Rp 10 Ribu!

Tips Motor: Perbedaan Ban Tubeless Dan Biasa Untuk Berkendara

Tips Motor: Ampere Aki Harus Sama Dengan Pengganti

Tips Motor: Deteksi Kebocoran Oli Di Area CVT Motor Matic

Tips Motor: Jurus Mudah Kuras Kotoran Tangki Bahan Bakar

 

BAGIKAN