nhk

Tips Motor: Kiat Ganti Ban Gambot Aman Dan Nyaman

ManiakMotor – Mengganti ban depan dan belakang bukan urusan dunia modifikasi saja, pengguna harian doyan juga. Sebab dengan mengganti ban besar, tonkrongan kak-kaki segera disulap menjadi elegan. Dia punya fashion tersendiri.

Tapi ingat bro soal pakemnya. Jangan asal besar malah menggesek sepakbor, lengan ayun, rantai dan sokbreker. Di samping itu, saking besarnya ban, mesin jadi terbebani memutarnya. Hasilnya ya boros bensin dan boros komponen, lantaran mesin teriak lebih dulu untuk menghelanya.

Ukuran yang size-nya lebih besar alias gambot juga berhubungan dengan safety dan tak mengurangi kenyamanan berkendara.“Untuk membesarkan ban belakang cukup dua step dari ukuran standar pabrik. Sedang depan hanya satu step,” kata  Rudy Gunawan builder dari rumah modifikasi Berkat Motor (BM) di JL. Ciledug Raya Tanggerang, Banten.

Rudy mencontohkan pada Yamaha R25 yang memiliki ukuran belakang 140 dan depan 110. Katanya, kalau mau meganti ban belakang R25, size 160 yang paling mentok. “Lebih dari ini, ban akan menggesek bagian-bagian yang berdekatan, misalnya rantai dan bahkkan lengan ayun,” tambah Rudy.

Demikian juga depan untuk R25 yang ukurannya 110. Maksimal pembesarannya jadi 120. Lebih dari itu handling sudah nggak nyaman. Beloknya berat. Padahal motor digunakan untuk sehari-hari. Bedalah dengan versi modifikasi yang pelek dan turunnya dimelarkan semua. Lagian, kan hanya penampilan.

Ini juga berlaku untuk bebek yang misalnya pakai ban belakang 90, yang cocok 110. Ini pun sudah berat ditarik mesin. Amannya pakai 100. Beda lagi dengan yang tergiur tampilan drag bike, bannya malah dikecilin bro, tarikan jadi enteng. Pakai bannya pun khusus drag bike semacam IRC Speed King. Prat

BACA JUGA

 Tips Motor: Cara Pasang Penahan Grip Gas, Nyaman Bro, Ingin Gas Terus..!

ECU aRacer: Dijamin Motor Harian Ngacir, Standalone Tak Perlu Disetel, Versi Balap Apalagi!

Tips Motor: Reamer (Perbesar Diameter Venturi) Karburator, Tidak Asal Besar..!

Tips Motor: Modifikasi Kaki-Kaki ‘Sederhana’, Perhatikan Langkah ini

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

BAGIKAN