nhk

Tips Motor: Kohar Jupiter MX New 21 DK, Noken UMA dan Piston Forging! Mau?

Kohar MX
Kem UMA dan piston andalan

ManiakMotor -Lagi, Swega Dhokoh From RAT Motor Sport di Jln. Juanda, Sidorajo, Jatim bagi-bagi ilmu. Kali ini jurus kohar alias korek harian di Jupiter MX New. Hasilnya pun tembus 21 dk bro! Itu didapat dari aplikasi noken alias cam UMA dan piston forging.

Lagi main dyno di RAT Motor

Tidak asal pasang, ada penyesuaian lain, “Pake silinder Vixion dari gigi 1 sampai 5 ngisi terus. Itu sama dengan grafik dyno yang merata dan nggak jatuh hingga 12,000 rpm. Nafas seperti ini bisa didapat atas sumbangsih camshaft UMA,” buka Swega yang terus kebanjiran order itu. Sstt…makanya rjin bagi ilmu bro. Wkwkwk

PENATAAN KOMPRESI DAN HEAD PORTING
Liner block Vixion diganti dengan sleeve milik Kawasaki Blitz Joy, kemudian di overbore untuk dimuati piston diameter 57 mm. Terukur celah ring kompresi ada 0,15 mm. Top piston Kawahara yang tinggi diturunkan sesuai ukuran standar Vixion. Tinggal diberi extra dome atau puncak piston 2 mm. Konstruksi dan penataan itu dapat kompresi 11,7:1. Angka pemapatan segitu cocok minum Pertamax Turbo.

Head porting, cukurannya dibikin simple, ubahan terbanyak pada seating in yang diubah dengan kombinasi three angle valve job. Maksudnya dijadikan 45, 60, 75 derajat. Kemudian klep in diback cut. “Bowl area porting dileburkan. Kemudian menyelaraskan hingga pada pertemuan intake dengan cara menghaluskan kulit jeruknya,” ujar Ipul, salah satu murid Swega dalam proyek ini.

Kata Ipul juga, modifikasi porting yang sederhana tapi mengena. Cara itu biasanya membantu peak power ke putaran atas pada riset mesin balap kita. Semoga saja hasilnya mantap juga buat harian.

DIALING CAMSHAFT & FOLLOWER
Seperti yang disebut tadi, cam pakai produk UMA Racing yang nggak ada matinya tersebut. “Senang bisa belajar karakter cam UMA. Apalagi UMA memberikan data spec cam yang  lengkap.

“Kita tinggal dial ulang sesuai spesifikasi yang diberi. Kem yang diinstal ini sebenarnya untuk block 65mm dan head klep besar oleh karena lifter dan durasinya besar. Maka dari itu per klep racing ikut di install supaya nggak ada gejala floating di rpm tinggi,” timpal Swega.

TIGA PILAR
Karburator dipilih PE 28 mm. Ekonomis! Karbu sejuta umat pahe ini lumayan josss. “Setup jetting 45 dan main-jet 118 menjadikannya rata pada perbandingan AFR di kisaran 13:1,” tegasnya.

SStt… CDI juga penting, pemicu api ini menutupi kelemotan cam durasi besar pada putaran bawah. Api yang besar dan derajat lebih advance dari Rextor adjustable membuat bentakan gas selalu tersedia. Finishing knalpot stainless CLD roadrace dipilih untuk menyemburkan tenaga sebesar 21 dk. Ardel

RAT Motorsport Sidoarjo
Jln. Bypass Juanda Baru No 17
085645577007

BAGIKAN