nhk

Tips Motor; Kohar Kawasaki Ninja 150, Naik 12 Dk Dicari Para ‘Cabe’

 

ManiakMotor – Naik 12 dk. Memang begitu yang dibilang Swega dari RAT MotorSport, Sidoarjo, Jawa Timur. Triknya hanya korek harian Ninja 150 yang RR dan yang biasa. ‘Kawak 150 bisa 37 dk dari aslinya 24 dk. Power segitu disuka para ‘cabe’,” kata Swega di surat elektroniknya. Yang dimaksud cabe mereka yang suka kebut liar, hehe. Nanti mereka dapat cabe-cabean.

Ooo bulat, pantas saja melonjak tajam, lantaran blok standard ganti PDK Gold series B. Lubang-lubang portingnya direvisi, tinggi exhaust dinaikkan jadi 30 mm. Model tetap standard dengan parameter pembesaran dicukur seimbang mengikuti alurnya. Buku pintar teorinya,  semakin tinggi lubang exhaust kian tinggi pula tenaga putaran atas. Teori ini 100 % betul.

Dibuktikan pada alat dyno tenaga naik 1 dk di rpm tinggi, tapi torsi putaran bawah turun 2 Nm. “Nah dari situ timbul teori kedua, setiap perubahan exhaust atau lubang buang – haruslah diikuti kompresi lewat pemapasan kepala silinder. Intinya mengembalikan torsi yang terbuang, sehingga mengisi kekuatan putaran menengah bawah,” kata Swega yang sebut transfer naik jadi 42, 5 mm.

Lubang transfer ini fungsinya mengikuti. Masak iya karbu sudah diutak-atik dan kompresi tinggi, transfer standar? Makanya campuran bahan-bakar dan udara dari cranckase yang diaduk oleh kruk-as harus banyak ke dome piston. Campuran ini makin singkat dan kaya dari perubahan transfer yang mendekati bibir puncak silinder.

Kembali pada kepala silinder yang jadi kunci kompresi. Nggak perlu banyak-banyak dipapas, cukup 0,8 mm. Ini sudah lumayan dari akumulasai naiknya 12 dk tadi. Sedang squish 120 yang bisa menyambut kabut dari tranfer yang dipnatulkan pada dome. Nat atau celah piston nongol pada kepala diberi 0,3 mm.

Tak kalah penting, aplikasi knalpot. Swaga sih memilih WRX, lantaran dia agen resmi knalpot ini. Bila memilih yang lain silakan, tapi tak jaminan naik 12 dk, loh. Hehehe. “Ini knalpot terbukti bisa mengatrol tenaga hingga kepala 30dk. Syarat dan ketentuannya RAT yang tahu,” sambung Indra mekanik pendamping alias asisten Swega.

Terus, kampas kopling Scorpio diandalkan karena lebih murah meriah. Per kopling pakai racing punya. Begitu juga dengan lidah membran yang pakai karbon. Dengan petal yang lebih flexibel, dijamin putaran atas tidak akan telat. Setingan ulang karburator setelah direamer 30 mm, ketemu pada angka pilot jet 48, Main Jet 132.

Oiya kalau seting motor 2 tak mending dibikin basah dulu untuk pelumasan piston dan liner blok ikut tercampur pada bahan bakar. “Alhasil output tenaga 37,1 dk.  Uenteng rasanya tenaganya. Pada jarak 201 meter dengan rasio standard dan gir standard, tadinya cuma bisa finish dengan gigi 4 dengan time 8,9 detik, kini bisa masuk dengan gigi 5 tanpa ubah gir dan time dapat 8,3 detik,” tutupnya sembari bilang dicoba 201 meter itu hanya test.

Tuh ikuti para cabe, buat harian! Ardel

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Kopling Manual SYS Pada Jupiter Z1, Tarikannya Kontan

Tips Motor: Pola Ban Depan-Belakang Kudu Sama!

Tips Motor; Kampas Kopling FR 80 Buat Jupiter, Ilmu Balap Korek Harian!

Tips Motor; Ban Motor Harian Juga Perlu Dipanaskan, Agar Ngegrip

 

BAGIKAN