nhk

Tips Motor: Kompresi Honda New Megapro/Verza Pakai Piston Thunder, Pas Untuk Pelajar

 

Maniakmotor – Ini tips korek harian yang nggak bikin kantong bolong. Pokoknya pas deh dikonsumsi pelajar dan mahasusah, eh, mahasiswa. Kali ini giliran Honda Verza dan New MegaPro yang didongkrak kompresinya dengan piston Suzuki Thunder. Lumayan cabut-cabutnya, cepat nyampe. Ya, nyampe ke sekolah dan kampus, brosist.

Seperti yang sudah dibilang tadi dengan piston Thunder jelas lebih hemat dibanding beli piston high-dome yang harganya di atas Rp 300 ribu. Alasan lain, masih sulit untuk mencari piston aftermarket untuk kedua motor ini. Maklum, Verza dan MegaPro dianggap ‘motor baik-baik’ loh.

Piston Thunder lebih jenong 1mm (gbr1). Tidak pesek seperti sampeyanDiameter pin seher sama-sama 14 mm. Jadi tinggal pasang,” jelas Masrukin alias Kusnul dari Kin’s Motor di Banyuwangi, Jawa Timur. Walah jauh kali tipsnya.

Lansung tebus piston Thunder, cari yang oversize 150 (NPP), itu karena diameter piston standart NewMegapro 58,3mm. Padahal punya Thunder standartnya berdiameter 57 mm. Silakan bawa piston berikut blok ke tukang bubut untuk dikolter sekaligus memapas bagian tepi atas piston 1 mm. Tujuannya untuk membentuk dome alias jenong (gbr-2).

Jangan lupa juga minta dibuatkan alur klep barutujuan agarjidat piston tidak mentok di klep (gbr-3). O iya, tips cara bikin alur klep pernah ditulis Maniakmotor. Yang ketinggalan alias belum baca cari lagi deh di kanal tips. Lumayan kalo bisa dipraktekin ongkosnya bisa buat tambahan uang jajan sekolah.

Untuk ‘pantat’ piston dipapas 3 mm menyesuaikan panjang piston MegaPro atau Verza (gbr4), tujuannya agar ‘pantat’ pistontak ditabok krukas saat piston berada di TMB. Biar hasilnya jos, sekalian dihalusin porting in dan out, cukup modal ampelas. Silahkan digosok-gosok sampe halus kayak pipi cewek depan rumah tuh. Tipsnya juga pernah ditulis, nih Haluskan ‘Kulit Jeruk’ Porting Motor, Tak Perlu Pisau Korek.

Terakhir mas Kusnul juga mengingatkan untuk jetting ulang karburatornya. Biasanya main-jet dan pilot-jet naik dua step dari standar. Untuk lebih pasnya cek warna kepala busi. Bila elektroda busi merah bata tandanya sudah klop. Atau ada tipsnya cara mendeteksi spuyer yang pas dengan sederhana klik ini Tips Motor; Setting Sederhana Spuyer Korek Harian.

Rincian biayanya piston Thunder berikut ring(NPP) Rp 150 ribu, ongkos tukang bubut(kolter,bubut piston,bikin alur klep) Rp 60 ribu dan ongkos sewa mekanik 100 ribu. Totalnya 310ribu. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Pilih Pentil Tubless Dari FDR

Tips Motor: Uji Daya Tekan Dan Ketahanan Per Klep, Nih Caranya.. !

Tips Motor; Piston Smash Serba Bisa Dongkrak Kompresi

Tips Motor; Ganti Sendiri Spul Pengapian Honda Supra-X

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

BAGIKAN