nhk

Tips Motor: Kompresi Rendah Diakali Dari Knalpot Racing, Monggo Yang Motor Harian

ManiakMotor – Masuk akal kompresi rendah boleh diakali dari knalpot racing. Tentu mengakali punch atau hantaman mesin yang bukan menghantam seperti sampeyan main tendang dan tinju, namun akselerasi yang kuat. Maksudnya akselerasi yang gile aje tak melulu harus kompresi tinggi.

Di balap motor apa pun dari grasstrack, road race sampai drag bike, menaikan kompresi wajib. Semakin tinggi kompresi asal aman, ya makin baik. Tapi tidak semua mekanik berani menaikan kompresi gila-gilaan. Risikonya terlalu banyak, juga butuh bahan bakar oktan tinggi macam avgas atau dikenal bensol.

Cara amannya bermain di knalpot dengan tetap mempertahankan bahan bakar yang mudah dibeli. Kalau di balap minimum pertamax plus. “Apalagi pada 2-tak, knalpot sangat berkaitan dengan kompresi. Rumus kompresi, tinggi lubang buang 2-tak jadi angka penghitungnya.  Lubang ini berkaitan dengan leher knalpot. Sisa gas yang dipampatkan masih sebagian besar dari leher knalpot yang diturbulensi ulang ke ruang bakar,” jelas Kampret alias Hardi, mekanik senior balap motor di Radio Dalam, Jaksel menggambarkan kaitan kompresi dan knalpot.

Makanya kata Hardi diandaikan pada motor harian, setelah ganti knalpot racing tenaga bertambah, karena kerja kompresi terbantu. Proses pembakarannya lebih cepat. Pada 4-tak juga begitu, dulu  pengaruhnya tidak sebesar 2-tak. Belakangan dengan teknologi makin canggih dan material makin bermutu, hasilnya juga ngaruh bangat.

“Penentu pada 4-tak model lehernya. Bila tekukannya tajam sama dengan menaikan kompresi. Sebab, gas bakar tidak langsung mengalir, tapi sebagian masih tertahan untuk diprores ulang pada langkah kompresi. Rpm memang tidak terlalu tinggi, namun akselerasinya kuat dibanding leher knalpot yang landai alias tidak terlalu tertekuk tiba-tiba. Selanjutnya soal hitungan pipa menuju ke silincer,” tambah Hardi.

Tengok yang bermain di drag bike. Kompresinya ada yang nggak tinggi-tinggi amat untuk ukuran trek lurus. Pokoknya masih angka 13:1, tapi tenaganya oke. “Memang bukan hanya knalpot penentu tarikan. Tapi knalpot pengaruhnya besar dengan  pergerakan angka perbandingan kompresi, terutama dari desain leher dan mutu pelat knalpot,” jelas Hawadis, mekanik top Indonesia.

Begitu bro. Jadi sampeyan saat ganti knalpot racing harian, itu podo mengakali kompresi. Kan maunya tarikannya kuencang, sama dengan menaikan kompresi yang maunya tenaga kuat kan. Makanya belilah knalpot yang benar-benar memang menaikan akselerasi sama dengan  sampeyan telah menaikan kompresi lewat knalpot. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor: Arti Tulisan Pada Dinding Ban, Sederhana Dimengerti From FDR..!

Tips Motor: Bikin Alat Tuner Mencoak Rumah Roller Dari Bekas Setang Seher

Tips Motor: Pasang Sendiri Knalpot Aftermarket Yamaha R15, Modal Tiga Kunci!!

Tips Motor: FU Pakai Piston CBR Jadi 29 Dk, Efisiensi Mekanis..!

BAGIKAN