nhk

Tips Motor; Korek Harian (Kohar) Pakai Klep Bajaj Pulsar 220, Macam Titanium!

 

ManiakMotor – Klep titanium diklaim yahud dongkrak performa motor korek harian (kohar) sampeyan. Itu wajar, titanium loh, memang buat racing. Barang kecil tapi kuat dan ringan. Titanium yang mudah didapat di Indonesia milik special engine Kawasaki KXF250, harganya kisaran Rp 800 ribu sampai Rp 1,1 juta. Mantap kan!

Tapi bukan mekanik Indonesia bila tak kreatif. Bila ada yang lebih murah dan kuat, kenapa tidak?  “Buat balap bebek 4-tak dan korek harian, selama ini klep Honda Sonic yang favorit, kuat  dan harga  ekonomis. Tapi ada alternatif lain yang tak kalah oke dari harga dan kualitas. Itu dia klep Bajaj Pulsar 220.  Diameternya cukup untuk diubah-ubanh sesuai kohar dan matrialnya ringan. Istimewa tuh,” yakin Swega dari RAT Motor Sport di Jln. By Pass 17, Sidoarjo, Jatim seraya menyebut harga klep Bajaj Pulsar 220 ini kisaran Rp 100 ribu-an.

Bicara ringan, klep Bajaj Pulsar 220 cuma 19 gram. Coba lihat untuk klep Sonic dengan diameter 28 mm ketemunya 23 gram.   Secara dimensi katup Bajaj Pulsar 220 diamternya payung klep isap 31 mm dan klep buang 27 mm.

Artinya bila ingin dipakai buat bebek korek harian tinggal memodifikasi, “Klep in 50% diameter piston. Misal spek 58 mm, maka ketemu ukuran klep in 29 mm, sedangkan klep ex 85% dari diameter klep in ketemunya 24,6 mm atau dibulatkan jadi 29 mm/25mm,” urai Swega lagi yang bisa diajak konsultasi di nomor 085645577007.  

Swega meyakinkan bahwa tips ini telah diuji di atas dyno yang bisa tahan 27 dk dan sering digunakan pada koharnya. Tapi tentunya power yang didapat itu harus bersinergi dengan korekan keseluruhan, bukan gara-gara klep Bajaj motor sampeyan langsung 27 dk, haha.

Makanya, bagi brosist yang pernah coba tips ini sudah merasakan efeknya. Bagi yang belum silakan mencoba, ada masalah atau bingung silakan konsultasi dengan Swega. Mau gampang lagi? Langsung order aja. Wkwkwk.. Ardel

BACA JUGA

ips Motor; Rumus Rahasia Hitungan Knalpot Racing, Sampeyan Boleh Bikin Sendiri!

Tips Motor; Nih Sebabnya Ban Gundul Sebelum Waktunya

Tips Motor; Agar Celana Jeans/Jins Awet Buat Pengendara Motor

Tips Motor; Memilih Busi, Jangan Asal Kata Toko

 

BAGIKAN