nhk

Tips Motor; Korek Harian Ninja 150 RR, Cukup Buka Port Super-Kips 2 Mm

super-kips-ninja-1

ManiakMotor – Kohar atau korek harian pada mesin 2-tak paling sederhana melaukan pembesaran pada port. Port atau porting lubang masuk, bilas dan buang. Tindakan ini untuk mempercepat dan memperbanyak proses masuknya uap bahan bakar dan keluar.

Kawasaki Ninja 150 RR yang Super-Kips, jumlah lubang buangnya ada tiga pada silinder, yang berada di tengah dan paling besar disebut main exhaust orang Indonesia sebutnya eksos atau lubang buang utama, dan di kanan-kirinya terdapat lubang yang lebih kecil. “Ini lubang Super Kips (SK) yang fungsinya sama, hanya lubang tersebut baru bekerja di atas 7.000 rpm,” kata Widodo, mekanik drag bike Abirawa DMC GM Racing.

Letak port SK lebih tinggi dibanding port utama. Selisih ada 2 mm. Maklum tugas SK memang membantu pembuangan di putaran tinggi. Walau didesain lebih di atas, tapi kan katup SK baru bekerja pada 7.000 rpm ke atas. Nah saat itulah lubang ini bekerja. “Untuk korek harian saya lebih suka membuka port SK sebanyak 2 mm ke arah atas, sementara lubang utamanya dibiarkan standar,” kata Adie TJ, dari Teluk Jambe Motor (TJM), Karawang, Jawa Barat.

Langkah tersebut menurutnya membuat karakter motor tetap seperti  standar pada putaran mesin di bawah 7.000 rpm. Baru sudah kebut-kebutan atau memburu waktu, korekan ini baru ada rasanya. Ya, rasanya ketika sampeyan di rumah sakit, ternyata kenceng, hehe. Cara ini kian mantap bila ditunjang kenalpot racing harian, wuiih sedap.

Cara dipakai Adi disukai pelanggannya, sebab rata-rata torsi dan tenaga putaran bawah standar Ninja sudah cukup mumpuni. Di lalu lintas macet tidak merepotkan, karena tidak perlu rpm besar  mulai menjalankannya. Tapi siap sedia melayani tarik-tarikan saat jalanan kosong atau jarak jauh. Kohar ini akan nyambung dengan tenaga bawah.

Tapi Adie mewanti untuk menyesuaikan juga silinder headnya, “Pangkas saja tingginya sebanyak 0,5 mm, lainnya biarkan standar,” kata mantan pembalap Vespa ini. Ubahan di atas tidak memerlukan penggantian spuyer, kecuali knalpot asli diganti aftermaket atau kenalpot aslinya di bobok, yah naik 1 step deh spuyernya. Jika sampeyan praktek sendiri, siapkan saja paking blok silinder satu set, karena tiap pembongkaran silinder paking set wajib ganti. MM

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Lowering Kit New Ninja 250, Karbu, Dan Z250, Ceper..!

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Setel Sendiri Rem Combi Brake Vario CBS Techno

Kata Artis: Helm Adalah Kepala Sampeyan..!

Tips Motor, Pasang Kondom Tangki Benar, Tangki Asli Tanpa Lecet..!

 

BAGIKAN