nhk

Tips Motor; Korek Harian Suzuki FU Sampai 200 cc, 32 Dk Dengan Silincer Standart!


 

ManiakMotor – Kembali RAT MotorSport di Jln. Juanda 17, Sidoarjo, Jatim ‘berulah’. Rumah modifikasi mesin milik Swega itu langganan bagi ilmu di portal ini. Kali ini jurus korek harian alias kohar FU jadi 200 cc bertenaga 32 dk (dari standart 15 dk) tapi tetap dengan silencer standar. Motor juga digunakan sehari-hari.

Itu lantaran Mr. R, si klien yang juga mahasiswa salah satu perguruan tinggi mensyaratkan, knalpot  ndak boleh berisik dan motor bisa langsam. “Bahkan ketika dipencet eletrik stater bisa langsung nyala. Padahal tenaga minimal sudah 28dk,” ujar Swega menirukan request si pemilik motor.

Berkat doa, usaha dan pengalaman Swega semua bisa. Hehehe.., “Tahu sendiri, FU ini mesinnya susah-susah gampang dikohar.  Menata shim dan dial cam saja butuh ketelitian yang tinggi,” timpal Husni, salah satu murid Swega yang terlibat aktif dalam proyek  ini.  Oke, coba diurai!

Langsung rombak total. Kruk as standar dipasangi setang piston Tiger. Itu lantaran, rod to stroke ratio nya lebih ringan untuk pancing putaran atas. Pistonnya sendiri pakai produk LHK – Thailand yang diameternya 72 mm.  Volume silinder membuncit hingga 200cc dengan  perbandingan  kompresi 12,2:1. 

Dari situ, kepala silinder dimodifikasi ulang untuk disesuaikan dengan piston dan tentu dengan melambungnya volume silinder. Katup in dan out masing-masing dibesarkan 3 mm. Porting pun permak ulang, dibulatkan diameternya jadi 31mm di bagian luar, kemudian pada divider masing-masing dilebarkan sesuai ukuran katup.

Porting exhaust juga dibesarkan hingga 29 mm selaras dengan leher knalpot Namban titanium. “Per klep Daytona dipasang untuk mengawal noken as modifikasi supaya tidak ngambang. Profile noken as-nya yakni in open 15° (sebelum TMA), in close 50° (setelah TMB). Ex open 51° (sebelum TMB), ex close 23° (setelah TMA). Lift  in 7,55 mm, lift ex 7,60 mm, overlap in 2,16 ex 2,48. Itu semua masih untuk dipakai harian,” rinci Husni lagi.

Urusan pasokan bahan bakar dipercayakan dengan karbu PWK Keihin 33 mm dengan pilot jet 50 dan main jet 120. “Nggak perlu khawatir pasokan bahan bakar kedodoran di rpm tinggi. Motornya jadi galak, dengan per kopling RMG dan kampas kopling WRX. Torsi josss..,” mantap Husni seraya menyebut otak pengapian pakai  Cheetah Power.   Setupnya pada 42o sebelum TMA dan limiter 13,000 rpm.

Pastinya, silencer masih standart dengan sedikit modif by Cak Sahex. Alhasil tembus 32 dk (dyno test). Tapi kalau masih penasaran kontak langsung 085645577007pin BBM : 3211b97c / 3220a708, bilang saja tahu dari maniakmotor.com! Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Ganjal Karet Kopling Ganda, Cukup 4 Ribu Perak, Ngaciriiiir Lagi..!

Tips Motor: Fungsi Peranti Savety Riding Pada Motor, Tidak Sekadar Gagah

Tips Motor: Sil CVT Pecah? Nih Caranya..!

Suspensi Depan Ohlins Bikin Juara Yamaha R25 Di ARRC, Ampuh Untuk Sokbreker Teleskopik!

Scooter Clinic Indonesia (SCI), Klinik Kesehatan Scooter Dan Vespa, Sampai Speed Tuning

BAGIKAN