nhk

Tips Motor: Korek Karbu Mio Std 24 mm, Modal Bor-Ampelas, Top Speed 140 km/Jam

ManiakMotor – Jangan buru-buru ganti karbu Mio-mu, apalagi penggantinya imitasi, hehe. Kalau kw susah diseting. Sedang karbu standar Mio yang 24 mm masih bisa dimaksimalkan performanya.

Itu sudah dibuktikan Wildan Zuhdi seorang sukarelawan ilmu tips pada Mio-nya. Mio-nya ini disebut Mio Nakal yang ngetop di sosmed, “Boleh dijampi-jampi seperti ini mampu membawa top speed di atas 140 km/jam,” kata Wildan yang aslinya dari Jawa, tapi jadi PNS di Batam.

Tentu dilokalisasi pada karbu dulu. Sebab untuk jadi di atas 140 km/jam masih ada bawan lain. Seperti Mio Nakal si Wildan suah 155 cc. Juga sudah banyak yang ia otak-atik seperti tulisan ini. Juga tulisan ini. “Pokoknya dengan karbu akal-akalan ini, akselerasi bawah, tengah dan atas terasa lebih cepat (agresif). Saya yang kerjakan dan saya sendiri yang mencobanya,” kata Wildan sembari mengirim link video di sini https://youtu.be/pwcB379pV9w

Tuh latar belangnya Mio Nakal

Caranya diameter venturi karbu dipertahankan tetap 24 mm diukur dari dinding bawah dan atas. Tapi bagian moncong kiri-kanan ditunner pakai bor dengan sentuhan akhir ampelas. Tadinya bentuknya oval malah jadi bulat.

Tujuanya pembesaran diameter moncong karbu tersebut untuk mendorong efisiensi volumetrik. Dengan moncong besar, tangkapan udara juga membesar yang masuk dan otomatis mengajak bahan bakar lebih besar pula.

Dengan modifikasi sederhana itu mampu melayani kapasitas 155 cc tadi. Juga masih asyik diajak harian. Malah dengan cara ini konsumsi BBM diklaim lebih irit, masih 1 liter bisa dipakai 32 km. Mantap kan. Kalau tertarik tuh di atas fotonya. Hati-hati bocor skepnya ya. Wildan

BAGIKAN