nhk

Tips Motor: Korekan Rumah Roller Matik, Ilmu Drag Bike Buat Kohar

CVT Racing

 ManiakMotor – Rumah roller pada CVT  karya Yong Mustopa boleh jadi referensi sampeyan untuk memaksimalkan tarikan matik. Memang sih dapatnya dari drag bike. Di mana-mana inti balapan laboratorium untuk harian. Ya melebar sikit buat mereka yang hobi aklselerasi. Melebar banyak untuk korek harian, apalagi liaran, wajib, hehe.

Bagi Yong yang korekannya diperhitungkan di arena trek lurus, memang eksperimen yang sudah berhasil diriset dari Yamaha Mio. “CVT apa saja boleh menirunya macam Beat, Vario dan pokoknya matik deh. Trik ini hanya memainkan gelindingan roller pada rumahnya. Tujuannya mencari gerakan roller yang pas dengan putaran mesin,” jelas Yong.

Karya Yong ini sudah dipakai pada semua kelas matik di drag bike miliknya. Selain itu juga digunakan para pelanggan bengkelnya di Kemayoran, Jakarta Pusat untuk digunakan sehari-hari. Kebanyakan dikonsumsi mereka yang hobi main malam, hehe. TST-lah alias tau sama tau kalau sebut mereka yang senang main malam. Portal ini nggak sebut Vampire, manusia takut siang.

Untuk Mio bahannya dari rumah roller Fino Thailand. Kode barang ini 5 YY. Punya Fino Thai memiliki kelebihan pada got yang sudah terbentuk. Tapi gotnya atau coakan alias rumah roller menggelinding dicoak lebih dalam lagi antara  2 – 2.5 mm.

Fungsinya kalau untuk gir sama dengan mengecilkan sproket sekecil-kecilnya agar perbandingan gigi yang dikehendaki bisa ketemu. Tenaga akan panjang sesuai jarak 200 meter atau lebih buat mereka yang dipakai harian.

Cara coak-coak ini sudah banyak dilakukan para pematik untuk memaksimalkan kerja CVT. Tapi riset diadu kencang lebih presisi dan terbukti. Misalnya usai dicoak derajat coakan harus sama semua pada got roller. Bila beda-beda kemiringannya, CVT akan cepat rusak dan larinya tak maksimal. Katanya sih sudut derajat yang dilakukan Yong sekitar 24o berurut. Selanjutnya semua sirip rumah dipangkas (lihat foto).

Dari pada mengikuti atau bikin sendiri, pastilah akan banyak korban. Ya korban gagal bikin, itu sudah biasa dalam riset. Kalau begitu beli saja karya Yong. Karena versi jualannya sudah ada mereknya GF-Racing. Dijamin kemampuan roller naik 25%. Harganya pun relatif terjangkau hanya Rp 350.000. Nih alamatnya Jalan Serdang Raya No.16/17, Kemayoran, Jakarta Pusat. Rzk

BAGIKAN