nhk

Tips Motor: Lubangi Kopling Ganda, Tarikan Spontan Lagi..!

ManiakMotor – Kopling ganda atau kopling sentrifugal, juga sering disebut kopling banci. Tapi belum ada yang bilang waria atau bencong, tuh barang. Kenapa bisa disebut begitu? Nah, itu dia masalahnya, reporternya juga nggak ngerti tuh.

Dasar tuh reporter. Semoga dia tidak ikut banci sama-sama dengan koplingnya, bro. Tuh kopling dibilang bencong, karena manual tidak, otomatis pun nggak. Yang menggunakannya bebek. Supaya si bebek saat pindah-pindah gigi tidak terhentak-hentak. Sentrifugal juga sebagai transfer daya sebelum diterima susunan rumah kopling benaran agar halus.

Ehm (kayak batuknya banci), namanya komponen mesin, seiring waktu akan alami masalah. Misalnya, ketika start motor malah slip, laju motor juga seperti ada beban habis pindah gigi. Nah itu dari sentrifugal yang makin tipis. “Mengatasinya  mangkok kopling bisa dilubangi dari 8 sampai 12 bagian,” kata Budi ‘Rinut’ Sulistyo punggawa Rinut Motor di Jln. Sriwijaya, Semarang, Jawa Tengah.

Piringan mangkoknya dibor diameter 3-5 mm. Fungsinya, dinding piringan lebih kasar, sehingga pakem mendekap kampas sentrifugal. Keuntungan lain, aliran olinya lebih lancar dan tidak terjebak di dinding piringan. Masih ada lagi kelebihannya. Yakni, panas juga bisa dibuang lewat sirkulasi oli pada lubang-lubang ini. “Kalau belum jelas, sekadar share boleh sms ke 08122937759,” tutup Om Rinut. Ardel 

BACA JUGA:
Tips Huss, Usir Geresan Pada Cat
Tips Meredam Bunyi CVT Matik
Tips Mujarab, Cegah Tangki bocor
Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik
Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z
Tips Sederhana Deteksi Kesehatan Sokbreker Teleskopik

 

  

BAGIKAN