nhk

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil

Maniakmotor – Silakan baca dengan benar angka-angka pada oli sil  saat menggantinya. Angka ini penentu diameter luar, diameter dalam dan ketebalannya. Bila tidak, ya nggak muat untuk menahan oli agar tidak meluber alias bocor, juga membendung masuknya kotoran dari luar.

Kode pada oli sil ini sama pentingnya dengan mamahami kode angka di badan. Wah, kalau yang di badan mah tato. Orang yang ditato kan juga kode, supaya nggak hilang, bro, hehe. Tato, eh, kode pada sil ini ada yang langsung dicap pada bodi sil, ada pula yang pada kemasan. 

Penting dibaca terlebih dahulu sebelum brosis ganti sendiri sil yang bocor. Sebab yang ditanya penjual sil pasti kodenya, agar ia tak salah memberikan pada konsumen. Jangan tergoda secara kasat mata bentuknya sama, beda nol koma mm saja diameternya, pasti nggak bakal cocok. 

Biar nggak bingung tanya ke Masrukin bos Kin’s Motor di Banyuwangi, Jatim. Ia mencontohkan sil ssokbreker Honda Supra X yang kodenya 26 37 10,5. “Itu artinya diameter dalam ‘sil’ 26mm, diameter luar 37 mm dan tebal 10,5 mm,” terang mekanik yang kribo sekali itu. 

Nah kalo sil sampeyan rusak dan nomornya sudah terlacak tinggal ukur pakai sigmat atau jangka sorong. Misalnya untuk sokbreker, ya tinggal ukur as sok sebagai patokan diameter dalam dan tabungnya sebagai ukuran diameter luar. Dengan elmu ini, bisa mencari persamaan sil. Karena yang penting pada sil, dua angka pertama diameter luar dan dalam.Sedang angka ke-3 atau ketebalannya boleh beda tapi selisihnya tak lebih dari 1 angka saja. Lebih dari itu sil rawan bocor. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Cek Kebocoran Klep, Pakai Kompresor!

Tips Motor; Per Klep Korek Harian Modal Rp 15.000

Tips Motor: Kompresi Honda New Megapro/Verza Pakai Piston Thunder, Pas Untuk Pelajar

Tips Motor; Pilih Pentil Tubless Dari FDR

Tips Motor: Uji Daya Tekan Dan Ketahanan Per Klep, Nih Caranya.. !

 

BAGIKAN