nhk

Tips Motor: Matik Hilang Kompresi, Semprot Oli Saja Di Lubang Busi

tips matik ring-1

ManiakMotor – Fenomena motor matik tiba-tiba ngadat makin banyak. Makanya banyak pula oli yang diteriakan khusus buat matik, tapi itu nggak ngaruh. “Pas lepas gas tiba-tiba motor mati, distarter enggak hidup-hidup,”  kata M Indra, anak sekolah SMA yang membawa matik Beat di Bogor, Jabar.

Padahal motor tergolong baru alias masih dalam masa garansi 3 tahun. Setelah dibongkar di bengkel, ditemukan fakta kalau ring kompresi macet. Kemungkinan besar karena suhu mesin matik kelewat tinggi, sehingga ring tergencet pada gotnya ketika piston memuai. Akibatnya ring tidak bisa mekar, kompresi pun lolos ke crankcase.

Ciri-cirinya saat distarter kaki sangat mudah. Itu tanda kompresinya nggak ada. Tidak akan terjadi ledakan. Makanya enteng distarter yang biasanya sulit. “Sudah nggak terhitung saya menemukan kasus begini,” sebut M Pian dari bengke MM di Bogor, Jabar.

Menurut Pian mengatasi sementara sih gampang. Enggak perlu membongkar mesin. “Cukup masukkan oli dari lubang busi. Ya businya dicopot dulu,  lalu distarter-starter sampai kompresi kembali. Pasti berhasil,” tambah Pian yang berkumis itu.

Rupanya oli dari lubang busi ini meresap di sela-sela ring, dan memaksa ring membuka kembali. Ingat, ini tips sementara lo? Dan sebenarnya yang ditunggu adalah solusi dari pabrikan. Apakah dengan mengatur ulang clearance alur ring kompresi, atau memperbaiki material piston. Kasus ini sudah banyak terjadi. Apalagi sekarang matik menjadi idola.

Jangan sampai hanya jagoan promosi, barang merepotkan! MM

BAGIKAN