nhk

Tips Motor: Mau Isi Angin Nitrogen? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya, Harus Tahu!

 

Maniak motor – Saat ini terutama di Jabodetabek angin nitrogen banyak disediakan sambil bayar di Pom Bensin alias SPBU. Kata penjualnya angin nitrogen lebih unggul dari angin biasa. Nitrogen bisa menjaga tekanan angin lebih padat dan lama. Tetapi ada juga kukurangannya.

Sebelumnya tahu dulu deh perbedaannya. Sama-sama angin, tapi beda nama, satu nitrogen (N2) dan satunya lagi biasa alias oksigen (O2). Yang diiisi angin nitrogen pasti sampai saat ini masih bertanya-tanya untungya. Jangan sampai isi angin hanya ikut-ikutan yang ‘katanya’ nitrogen menjaga kenyamanan, keamanan dan keawaten ban.

Setidaknya banyak keunggulan diisi nitrogen. Makin percaya diri, mengisi nitrogen harus ditebus lebih mahal.“Nitrogen lebih padat, tidak mudah merembes pada pori-pori ban. Jadinya awet di dalam ban motor,” jelas Kris dari Planet Ban di kawasan Lenteng Agug, Jakarta Selatan.

Dibandingkan dengan angin biasa, nitrogen ini lebih tahan terhadap panas, ban tak mudah berubah tekanannya. Itu dia karena molekulnya yang lebih besar dan padat. Selanjutnya kelebihan dari angin nitrogen ini bisa menjaga dan merawat elastisitas karet ban.

Karena elastisitas ban terjaga, ban menjadi tetap konsisten dapat grip walau dipakai lama. “Hasilnya adalah handling yang enak, akselerasi yang sama saban hari karena tekanannya stabil dari angin nitrogen,” tambah Kris.

Terus apa kelemahannya? Mengisi angin nitrogen tentu lebih banyak dapat untung ketimbang kerugian. Kerugiannya karena bayar lebih mahal. Udah gitu para si Lae penjual angin masih sikit. Padahal bila sudah isi nitrogen untuk menambahnya lagi kudu nitrogen lagi. Kalau ditambah  oksigen, nitrogen yang sebelumnya sudah ada di dalam ban akan netral jadi oksigen.

Kekurangan memang pada distribusi angin nitrogen yang para lae belum pada jualan. Yang ada baru di SPBU Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya. Prat

BACA JUGA

Tips Motor: Besihkan Kolong Motor Setelah Jalan Jauh

Tips Motor; Kohar Ninja RR Mono 250, Piston CBR 250, Tembus 33,7 Dk, Kem Std!

Tips Motor: Buang Angin Rem Hidrolik, Cegah Rem Blong

Pakai Kruk-As, Piston, Kem Dan Pengapian TK Racing, Kawasaki KLX150S Naik 5 DK (5), Untuk Trabas

Tips Motor: Bersihkan Filter Udara Injeksi Habis Jalan Jauh 

BAGIKAN