nhk

Tips Motor; Melepas Striping/Stiker Pabrik Dengan Cerdik

ManiakMotor – Melepas stiker atau striping pada motor, susah-susah gampang. Khusus pabrikan ya memang sulit, lantaran dilapisi cat vernis. Itu lho, cat finishing. Udah geeetu, sekalinya lepas banyak sisa perekat atau lem striping pada bodi, juga  bekas cat vernis.

Belum lagi saat striping dibuka kadang putus di tengah, akhirnya dari awal lagi. Setiap merek sepeda motor punya striping berbeda, terutama kualitas striping dan cat vernisnya. Ada yang mudah dan ada juga yang sulit, ya gampang-gampang susah, susah-susah gampang.

Buat brosist sekalian trik melepasnya tanpa sulap, nggak pake sim-sala-bim. Pertama, cari ujung striping/stiker kemudian bakar atau panaskan dengan api kecil pakai korek api gas. Itu berfungsi melenturkan striping agar mudah dikelupas. “Saat memanaskan nggak perlu lama cukup beberapa detik, agar cat tidak mengkerut,” ujar Yusuf pegawai cutting sticker di Jl. Baso no. 45, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Setelah dipanaskan, angkat ujung striping pelahan, jangan sampai putus atau zobek. Pokoknya hati-hati deh. Andai putus di tengah jalan, bisa diulangi lagi proses seperti di atas, dibakar. Usai lepas amati, adakah bekas lem striping?

Jika tidak ada berarti brosist sukses melepasnya tanpa harus melakukan tindakan apa-apa lagi. Cukup bersihkan bekas striping dengan minyak kayu putih atau obat poles hingga bersih dan mengilap.

Bila terdapat bekas lem striping, ya sikit repotlah membersihkannya. Santai saja coy, tak perlu panik. Siapkan bensin dan lap bersih. Lalu basahi bekas lem striping dengan bensin dan bersihkan atau dilap yang dilumurin bensin. Lakukan gerakan memutar atau ke atas ke bawah dengan sedikit tekanan. “Usahain pakai tenaga biar terangkat bekas lem stripingnya,” beber pria perawakan Sunda-Jawa itu.

Selesai, bilas bodi dengan air menggunakan lap basah, lakukan hingga bersih. Terakhir tinggal poles dengan obat poles sampai menggilap dan rata. Motor kinclong nih tanpa striping. Tapi itu tadi, untuk striping pabrik, cat vernis di atas striping sudah terlepas, nggak ada pelindung lagi. Artinya, bagian ini akan berubah warna dengan cepat usai dipoles. Nah dipoles lagi bila sudah berubah.Silakan dicoba. Rud

BACA JUGA

Tips Motor; Ciri-ciri Oli Yang Cocok Pada Motor

Tips Motor: Beda Angin Nitrogen Dan Biasa, Oke Di Motor..!

Tips Motor; Kenapa Lampu Halogen Tak Boleh Dipegang?

Tips Motor: Ganti Rocker-Arm/Pelatuk Klep Roller Mega-Pro, Cuma Rp 10 Ribu!

Tips Motor: Perbedaan Ban Tubeless Dan Biasa Untuk Berkendara

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353