nhk

Tips Motor: Memaksimalkan Nafas Mesin Tiger Dari Karbu, Nggak Ada Matinya Jarak Jauh

Nah seperti ini karbunya

ManiakMotor – Sahabat sekalian, wajib pecinta motor punya tunggangan berperforma tinggi. Apalagi yang menyukai turing! Yaah sekadar  berangkat dan pulang kerja, juga silakan. Siapa tahu shabat punya Honda Tiger bisa diakali responsif sampai beradu di trek lurus yang panjang.

Itu yang bilang Mas Swega dari RAT Motor SBY yang bermarkas di Sidoarjo. Pria ini memang doyan ‘membantu’ tips buat khalayak. Bagi dia tips adalah amal. Ilmu harus dibagi. Maklum, peralatannya lengkap bro, eksperimen terus untuk harian sampai kelas berat.

Tuh hasil Dayno oleh Mas Agus

“Kali ini yang sederhana saja, agar tenaga atas Tiger oke. Itu tidak melulu main porting dan ganti noken-as. Cukup  pemasok bahan bakar itu sendiri, yaitu karburator yang dimainkan,” papar Swega dengan santun ala Jawa Timuran.

Memang yang benar seharusnya ganti karburator dengan venturi lebih besar. Tapi Swega menyarankan untuk mereamer, karena kerjaan ini juga seni. Misal tetap mempertahankan tampilan karburator ori namun performa tidak kalah dengan karbu venturi gede. Bukan karena duit nipis, tapi maksa, hehehe…

Reamer karburator pun ada ukurannya. Kali ini Mas Swega dibantu Mas Agus – mekanik  kepercayaan di RAT Motor – dalam mendesain karburator. Khusus Honda Tiger model reamer-nya memang seperti kacang, unik. Untuk yang masih mempertahankan klep standard dan  piston Tiger Max 2.50 (66mm) reamer karburator maksimal 33 mm.

Kalau sudah super bore-up dan adopsi klep besar, coba reamer ke-34mm atau lebih. Lebih enak lagi dengan mengganti selongsong skep yang lebih besar hingga venturi jadi 36mm. Ini memaksa tutup skep dimodif menggunakan allumunium custom model tarik yang dikawinkan ke body asli karbu. Tujuannya respon gas bawahnya makin spontan.

Nah soal reamer tentu sobat-sobat ke ahli bubut yang tepat. Atau langsung kirim aja ke Mas Swega. Nih di sini dia bisa dihubungi IG @ratmotorsby dan ke website RAT Motor di sini. Apapun pilihanmu yang penting kita semua tetap bersaudara di jalan, kalau ketemu jangan lupa diblayer ya … Blaaarrrr…!!! Swega

BAGIKAN