nhk

Tips Motor; Membersihkan Mika Rem, Cukup Sikat Langsung Clink

ManiakMotor – Kalau namanya air, yang pasti bisa menyusup masuk. Apalagi kalau ada lubang, wah itu sudah pasti lincah sekali masuknya. Resiko besar bisa masuk ke dalam mika rem. Gara-gara karet pengganjalnya sudah mulai getas atau retak. Lagi-lagi dan memang lagi, akan ditemui pada motor yang berumur. Kalau sudah masuk, mika rem bakalan bisa kotor karena kotoran menempel didinding-dinding mika, jadi item yang nggak manis.

Tips ini sangat ampuh untuk membersihkannya. Cukup siapkan sabun dan sikat gigi, yang pasti harus dibantu dengan air. Pertama harus dibongkar dulu mika remnya. “Kalau sudah kotor, ciri-cirinya warna merahnya jadi agak tua,” ucap Kopral, juru poles Fortune Tech 99 di Kebagusan, Jagakarsa, Jaksel.

Kalau sudah dibongkar lanjut ke tahap sikat-sikat. Tahap ini membutuhkan kesabaran, karena dimika rem juga ada detil-detil titik kotoran berkumpul. “Biasanya dibantu dengan dicungkil menggunakan kawat atau paling aman tusuk gigi,” tegas Kopral yang tidak cepak, apalagi masuk tentara.

Lanjut disikat menggunakan sikat gigi, dibantu pula dengan sabun colek agar kotorannya minggat. Disikatnya pun sambil dibilas-bilas dengan air, agar jika ada kotoran yang masih menempel bakalan keliatan.

Terakhir tinggal dikeringkan menggunakan kanebo atau lap yang bisa mengeringkan air. Untuk detil-detilnya, bisa dibantu dengan disemprot pakai kompressor. Agar bersihnya bisa awet, karet seal mikanya diganti, agar kedap air. Ghalib

BACA JUGA

Tips Motor; Membersihkan Saringan/Sarangan Knalpot Racing Harian, Kembalikan Power 2 Dk

Tips Berkendara, Belok Hanya Lihat Spion Saja Tidak Cukup Bro

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil

 

BAGIKAN