nhk

Tips Motor; Membersihkan Saringan/Sarangan Knalpot Racing Harian, Kembalikan Power 2 Dk

 

ManiakMotor – Ini tips sederhana, saking sederhananya kadang jadi cuek beibeh. Sudah pasti menghinggapi knalpot racing harian 2-tak dan 4-tak. “Pokoknya knalpot yang menggunakan peredam  glasswool, pasti punya saringan. Itu loh, pipa yang banyak lubangnya yang dibungkus peredam,” jelas Dodo dari Dodo Motor, pengusaha knalpot CLD dari Cileduk, Tangerang.

Lubang-lubang saringan ini yang tertutup, membuat sirkulasi sekaligus pusaran atau tubulensi gas buang jadi putus-putus. Tahu sendiri kalau sudah putus-putus seperti sinyal telepon, nggak bakal maksimal coy.  Kalau nggak putus-putus, ya nyambung terus akhirnya kehabisan pulsa. Maksudnya, itu lubang sudah tertutup semua, membuat gas bunga sudah langsung tebuang, tanpa diputar ulang di tabung silincer untuk membantu proses motor bakar.

Lubang-lubang ini tertutup oleh kerak atau oleh glaswool itu sendiri. Di kenalpot 2-tak, periode membersihkannya kudu sering, bisa dalam dua bulan sekali karena sifatnya memang jago memproduksi kerak. “Di 4-tak, bisa saja setahun sekali atau sudah ada tanda-tanda perubahan suara dan tarikan. Perubahannya mirip glasswool terbakar,” tambah Dodo.

Jangan khawatir, membersihkannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang penting ada alat-alatnya macam sikat kawat, ampelas dan sabun colek. Langkah pertama harus sampeyan bongkar dulu knalpotnya.

Jika sudah dilepas,  lanjut membuka paku rivet atau baut yang ada di pantat knalpotnya.  “Untuk membuka paku rivet biasanya dibantu dengan bor listrik. Bisa juga gerinda. Bor atau kikis saja kepalanya, pasti akan copot,” dukung Ihfam, mekanik bengkel Fortune 99, Kebagusan, Jakarta Selatan. 

Lanjut cabut saringannya dan segera bersihkan  glasswoolnya. Jika glasswool masih bagus, berarti bisa dikupas menggunakan tangan. Nah jika sudah terbakar atau mengering di saringan, ya sekalian dibakar ulang agar mudah terlepas dan ganti saja tuh glasswool, kan sudah terbakar. Nah sisa-sisanya disikat kawat sampai lubang-lubang saringan bersih dan susul dengan ampelas nomor 400 yang diolesi sabun colek terlebih dahulu. Boleh juga pakai bensih dah.

Terakhir, tinggal pasang lagi glasswool dengan cara dililitkan pada sarangan knalpot. Ingat jangan terlalu ketat pada tabung, jangan pula terlalu longgar  glasswoolnya. Bagian-bagian yang kosong macam pantat knalpot juga disusupkan peredamnya. Jangan lupa paku rivetnya atau bautnya dipasang yang baru. Niscaya, knalpot akan kembali segar dan mendongrak tenaga sekitar 2 dk sesuai bawaan knalpot racing harian. Ghalib

BACA JUGA

Tips Berkendara, Belok Hanya Lihat Spion Saja Tidak Cukup Bro

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil

Tips Motor; Cek Kebocoran Klep, Pakai Kompresor!

Tips Motor; Per Klep Korek Harian Modal Rp 15.000

Tips Motor: Kompresi Honda New Megapro/Verza Pakai Piston Thunder, Pas Untuk Pelajar

BAGIKAN