nhk

Tips Motor: Membran (Lidah Katup Bulu) 2-Tak Pakai Kartu Remi, Murah..!

 


ManiakMotor – Meski beberapa pabrikan mematikan motor bermesin 2 tak, tetapi penggemar mesin ber-oli samping ini tidak ada matinya. Salah satu kunci penting setting mesin 2-tak adalah katup buluh (reed valve). Malah di pasaran sudah banyak dijual lembaran dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. “Beberapa merek malah menyediakan ketebalan beragam,” kata George Bender, penyuka Yamaha RX King, Jakarta.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ya memang, di Ibukota semua ada. Beda sama di daerah, mesti kreatif apalagi di zaman susah. “Saya biasa pakai kartu remi plastik, awet dan murah,” kata Anindita, mekanik  asal Temanggung, Jateng yang katanya sering digunakan pada motor korek harian bahkan balap. Ya, kalau sudah begitu berarti sudah tak perlu tanya-tanya dan tulis-tulis soal daya tahan panasnya, dong.

Itu  baru solusi di masa kritis macam sekarang. Kartu remi paling tinggi harganya coban alias 10 rebu rupiah. Cuma plastik punya satu kelemahan, agak tebal buat membran mesin 2 langkah.

“Bisa diampelas di atas kaca yang rata. Ketebalan disesuaikan dengan karakter mesin yang ingin didapat. Membran kaku buat rpm atas dan lidahnya yang lentur buat power bawah,” lanjut penyuka tato macam Tora Sudiro itu.

Pembuatannya juga gampang, kartu yang berbentuk kotak tinggal dimal sesuai dengan kebutuhan atau disesuaikan sama aslinya. Lalu dilubangi dudukan baut stopper. Beres! Kyaipradah

BACA JUGA

Tips Motor; CFM Efisiensi Mekanis Pada Korek Mesin Balap

Tips Motor (Ringan); Bebersih Filter Udara Mio

Tips Motor; Setting Sederhana Spuyer Korek Harian

Tips Motor Drag Bike Pilih-Plih Power Band Mesin 130 Cc – 200 Cc

Tips Ban Dalam Korek Harian Sampai Balap

 

BAGIKAN