nhk

Tips Motor: Mengatasi Honda Vario Gampang Mati, Nggak Mau Langsam

 

ManiakMotor – Ini tips berbekal pengalaman sendiri. Motor matic Honda Vario 110 tiba-tiba mati saat berhenti di lampu stop dan dalam kondisi macet. Ini makin sering ketika gas ditutup kelamaan.  Saat starter normal kembali, tapi gasnya harus ditarik.

Sebenarnya permasalahan diatas tidak terlalu berat dan juga bisa diatasi sendiri. Penyebab hanya dari Idle Air Contro Valve (IACV). Dari namanya sudah ketahuan soal pengatur udara untuk membantu langsam atau idle alias stasioner. Fungsi IACV mempertahankan putaran mesin agar stabil saat handle gas tidak aktif.

Sekedar info  brosis, IACV sebenarnya dapat ditemui pada semua motor Honda. Hanya saja lebih identik terdapat pada matic mulai karbu maupun injeksi. untuk mengatasinya, hanya mengatur penyetel idle kembali normal dan benar. Maksudnya untuk atur udara katupnya agar langsam.

Cukup sediakan obeng plue (+)  dan obeng pelat (-). Obeng plus untuk sekrup penyetelnya (idle screw) dan min untuk penutup throttle body.Langsung buka cover throttle body. Setelah itu akan kelihatan  lokasi sekrup penyetelan diatas throttle body.

Jika sekrup diputar searah jarum jam (arah kanan), posisinya semakin masuk, imbasnya rpm akan turun. Sebaliknya turn out atau diputar berlawanan jarum jam (arak kiri) rpm akan naik. Pasalnya screw semakin membuka lubang udara pada throttle. Catatan pengaturan rpm minimal 850 rpm s/d 1000. 

Silakan diposisikan sampai langsam. Gampang kanPrat

BACA JUGA

Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Tips Motor: Ganti Knalpot Racing Pada Motor Injeksi

Tips Motor: Setel Klep Yamaha Mio

Pakai Rumah Kopling TK Racing Honda CB150R STD Naik 2 DK Dan Torsi 1 Nm, Getaran Ndut-Ndutan Sembuh (2)

Tips Motor: Mau Isi Angin Nitrogen? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya, Harus Tahu!

BAGIKAN