nhk

Tips Motor: Mengatasi Matic/Matik Hilang Kompresi, Tak Perlu Uang Apalagi Mekanik

ManiakMotor –  Hilangnya kompresi mesin pada motor matic/matik sudah biasa. Malah tips mengatasinya sudah ada selain tips yang sampeyan baca ini, coba baca ini: Tips Motor: Matik Hilang Kompresi, Semprot Oli Saja Di Lubang Busi.

Sebabnya karena karakter matik itu sendiri. “Matik, apalagi yang 110 cc, butuh rpm tinggi untuk menggerakan motornya. Ini terjadi setiap saat, seiring umur pakai, ring kompresi bisa saja malas mekarnya, apalagi sudah campur kotoran,” ujar Hendra pengelolah Scotter Clinic  yang berlokasi di Jl. Raya Lenteng Agung, No.7, Jakarta Selatan.

Malasnya ring kompresi dari versi Hendra akibat kotoran di ruang bakar. Kalau sudah sebut kotoran, itu matik hanya tau dipakai, rawatnya nanti, ngambeklah dia. Ring akan tergencet oleh kotoran pada got ring saat mesin panas. Dia nggak mau menekan dinding silinder sebagaimana fungsinya. Ya motor nggak mau hidup.

Cara ementara sebenarnya sudah dijelaskan di tips sebelumnya, makanya silakan baca yang versi lama. Itu juga mudah, nggak butuh mekanik dan duit banyak. Sama dengan yang diceritakan ini, cuma butuh tenaga. Syukur-syukur ringnya mekar lagi dan mesin punya kompresi, berdoa saja bisa hidup.

Caranya harus cari tempat yang enak dan lapang, atau di pinggir jalan jika kalian mengalami masalah tersebut saat berkendara. Silakan distandar tengah, setelah itu buka gas penuh sambil distarter. Lakukan berulang sampai kamu keringatan, hehe, eh maksudnya motor hidup lagi.

Dengan gas dibuka penuh sambil distarter, itu membantu memasukan bahan bakar keruang bakar. Bahan bakar ini yang akan mencuci kotoran pada got ring. Kalau kotoran terusir ring akan mekar menekan dinding lagi. Mudah-mudahan motor menyala lagi, tapi jangan lupa usai kasus ini kudu servis total. Ini hanya sementara,tutup Hendra.

Makanya tuh motor dirawat. MM

BAGIKAN