nhk

Tips Motor: Mengatasi Sendiri Gas Nyangkut

ManiakMotor – Lagi asyik buka putaran rpm tinggi, eh tiba-tiba gas nyangkut atau tak mau  balik. Namanya tak mau balik, saat tangan tidak menggenggam erat grip gas tersebut suara mesin meraung. Pastinya bikin paniklah. Gelisah juga deh terutama terjadi pada karbu. Kalau injeksi lebih simpel. 

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya gas nyangkut.  Pertama, monggo dicek tuas choke yang biasanya terdapat pada bagian sebelah kiri setang. Kadang pengendara lupa menarik ulang ke posisi semula saat mesin dipanaskan. Bila tuas ini tertarik akan membuat pasokan bensin terlalu boros dan bikin putaran mesin meninggi. Wah kalau ini bukan cerita nyangkut, tapi lupa.

Kedua, cek tali gas. Part yang satu ini kalau sudah tahunan pasti bermasalah. Seret karena kelamaan hilir mudik di sarung gasnya. Bila tak segera diobati dengan cara pelumasan, serabut kabelnya akan putus atu-atu. “Itu juga yang bikin seret,” kata Elsar dari Shaka Motor di kawasang Pasar Minggu, Jakarta Selatan.  

Apabila sudah dilumasi ternyata masih  seret juga jangan terlebih dahulu ganti, tapi silakan buka selongsong grip gas. Nah di situ juga biang kerok kototoran dan  akhirnya jadi karat. Kotoran yang masuk melalui sela-sela grip gas ini jadi pengganjal.

Langsung bersihkan selongsong gas dan ruang pemutar tali gas. Kalau pipa setang yang jadi bagian didekap selongsong boleh diampelas halus. Bila sudah, lumasi lagi dengan oli biar licin. Belut kali licin. Selain karena seret, faktor air hujan juga bisa jadi timbulnya karat. “Intinya kebersihan tali gas dan gripnya harus tetap terjaga,” tambah Elsar.

Ketiga, yang jadi faktor penentu nih, yaitu throttle valve, atau orang bilang  piston skep pada karburator. Skep ini juga menjadi salah satu penyebab gas nyangkut. Misalnya skepnya baret yang terjadi pada dinding skep. Kalau sudah baret sulitnya membuka dan menutup udara yang masuk ke venturi.

Hayo selesaikan pake amplas dengan cara perlahan. Tapi ingat, pakai ampelas yang paling halus ya? Setelah itu bersihkan dengan bensin. Pasang kembali dengan benar. Jika sudah, cek mur pada kabel gas disetel dengan benar, buka karet pelindung dan pakailah kunci 8 mm untuk membuka mur yang sedikit panjang, dan satu lagi mur pendek yang bisa diputar pakai kunci 10mm. Pastikan untuk mengatur jarak main gas saat selongsong grip gas diputar. Amam

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Shim FU di Jupiter Roadrace/Dragbike Dan Siapa Saja Yang Mau, Coba!!

Tips Motor: Bikin ‘Lentur’ Karet Vacum Honda Beat/Vario, Tarikan Kembali Yahuuud !!

Tips Motor: Kawasaki KLX Adventure Nol Paking Tembus 26 Dk, Wow!

Tips Motor; Oli Berubah Putih Melewati Banjir? Ini Sebabnya!

Tips Motor: Ilmu Ban Dari FDR Soal Load Index (Beban) Dan Speed Rating