nhk

Tips Motor; Mengusir Tembakan Knalpot – Kenalpot

 

 

ManiakMotor – Ledakkan dari knalpot atau nembak yang suaranya lebih keras dari petasan cabe itu, kebanyakan akibat setelan angin. Udara yang mencampur bensin kurang. Itu bagi motor yang menggunakan karburator, yang injeksi telah  mengatur sendiri campuran udara dan bensin, namanya juga eloktronik.

Bisa disebabkan motor yang hidup tidak pada habitatnya. Motor yang biasa hidup di kawasan panas, tiba-tiba diajak ke tempat dingin. Misalnya dari Jakarta atau daerah panas lainnya, ketika melakukan mudik saat lebaran macam ke Puncak, Bogor,  Jawa Barat.

Gejala nembak terjadi karena AFR (air fuel ratio) berubah. “Campuran berubah karena udara semakin tipis di dataran tinggi. Akhirnya lebih banyak bahan bakar dari pada udaranya,” kata Agus dari Mawar Motor di bilangan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Untuk mengatasinya dengan cara membuka udara pada karburator dengan memutar skrup setelan udara atau air screw. “Dengan begitu tidak ada sisa pembakaran, kenalpot jadi bersih, lantaran udara dan bahan bakar seimbang,” ujar Agus yang menjelaskan terjadinya ledakan akibat adanya after fire atau pembakaran yang terjadi di pipa kenalpot akibat siswa gas buang.

Agus menyarankan untulk membuka air screw ½ putaran ke kiri atau sesuai permintaan mesin. Memutar sekrupnya pakai obeng min brosist, bukan pakai kuku. “Lebih enaknya busi juga diganti dengan busi panas agar suhu pembakaran mudah dicapai,” pungkas Agus, ingat ya busi panas memiliki kode angka lebih besar dibanding busi jenis dingin yang dipakai motor saat itu. Adit

 

BACA JUGA

Apa Fungsi Celah Klep Coy? Ini Jawabannya, Brur..!

Cara Bikin Treker Tonjok Piston

Jupiter MX Pakai Per Kopling Tiger, Tarikan Muantap Brosist..!

Laher Kruk-As Mio Dan Xeon, Harga Beda, Kekuatannya Juga

Cara Akali Kopling Berat Honda Tiger, Ganti Punya New Mega Pro

 

BAGIKAN