nhk

Tips Motor; Meningkatkan Kompresi Pada Mesin Korek Harian, Efektifkah..?

ManiakMotor – Kelinci percobaannya adalah Jupiter Z. Namanya korek harian  ditanamkan piston dan klep Sonic. Karburator PE 28 dengan knalpot free flow. Untuk noken-as dan CDi mengginakan tandard, supaya pada pengujian didapatkan hasil yang valid. Maksudnya buat korek harian yang pas-pasan, gitu loh.

Ini yang menguji Mas Swega dari RAT MotorSport di Surabaya. Ini orang sangat rajin bereksperimen sampai beli dyno sendiri, loh, “Banyak yang korek harian asal main kompresi tinggi, padahal belum tentu cocok. Nah, uji coba dilakukan dengan cara sesederhana mungkin, yaitu mengatur deck clearance,” kata Swega.

Deck clearace adalah jarak piston terhadap kepala silinder. Yang ini ditata dari paking block silinder bawah. Dengan paking block ketemu celah atau clearance 1.3mm dan kompresi pada kisaran 11:1. Sedang bila melepas paking maka clearance pistonnya berada pada 0.9 mm dan kompresi akan meningkat di atas 12 : 1.

Dari hasil setting di jalan, menurut para test rider, kompresi yang lebih tinggi memberikan sensasi keluaran tenaga yang galak. Meski meningkat hampir di semua lini putaran mesin, namun sejatinya grafik dyno pada mesin dengan kompresi tinggi terlihat di putaran tinggi semakin menunjam. Jadi ya motor semakin galak tapi juga semakin pendek nafasnya. Kemungkinan gejala ini akan semakin parah bila kompresi sudah di atas 12:1 dengan durasi noken as yang masih standard.

Untuk motor turing atau korek harian, kompresi 11:1 paling efektif meski kalah sedikit. Tapi punya kelebihan mesin lebih dingin dan relatif awet buat jalan jauh dan harian. “Pokoknya dengan kem dan CDi standar, perbandingan kompresi 11:1 sudah paling pas deh,” tambah Swega.

Boleh saja mengejar performa istimewa dengan kompresi 12:1. Tapi harus rajin dengan bahan bakar yang cocok di pom bensin, Pertamax Turbo. Juga sebaiknya diimbangi durasi kem lebih besar dan pengapian yang sip.

Untuk berkosultasi dengan Swega ada di sini, boleh juga di sini. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353