nhk

Tips Motor; Merawat Chrome/Krum Dan Metal Kinclong, Hanya Pakai Bedak

 

 

ManiakMotor – Sampeyan semua pasti tau lah, onderdil motor saat ini pada kinclong. Ada yang dilakukan penggiat chrome atau krum, ada pula yang langsung  aftermarket yang kinclong habis. “Walau kualitas krom dan dari pabrik sudah berbeda, tetap dua-duanya butuh perawatan,” jelas Vendi dari VND di Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

VND saat menjual tromol yang kinclong untuk semua merek dan tipe motor. Katanya, itu lagi trend di semua daerah. Nah, jangan lupa menjaga barang ini tetap tampil seperti baru. Makanya dirawat. “Misalnya usai kena hujan, harus segera dinetralkan dengan air bersih,” jelas Vendi lagi.

Yang kinclong-kinclong ini pun rawan kena kotoran yang mengandung asam dan sebagainya dah. Contoh tromol tadi. Belum lagi  standart tengah, standart samping, dan pelek yang nyaris semuanya di kaki-kaki. Posisinya bagian  menumpuknya lumpur, apalagi musim hujan brosist.

Mas Topan ahli poles-poles menambahkan cara merawat yang sangat simpel. “Biasanya sih, paling ngaruh terkena air hujan, jangan dibiarkan berhari-hari. Pokoknya usai kena hujan langsung cuci dengan air bersih. Hujan bukan hanya krum yang pudar, cat juga,” ucap Topan owner obat poles D62 yang markasnya Jl. Jagakarsa, Gg. Gandaria 3, No 22.

Usai pakai air bersih lanjut dicuci menggunakan sabun. Topan menyarankan beli sabun cuci piring S*n lig*t. “Jangan menggunakan sabun bubuk, terlalu keras,” tegas Topan yang bukan pembalap nasional Indonesia yang juga bernama Topan. 

Lanjut dikeringkan. Cara mengeringkan sampeyan sudah tahulah. Tapi sesudahnya pasti belum tahu. Yakni pakai bedak, Topan menyarankan pakai Purol. Itu loh bedak yang biasanya digunakan untuk anak-anak bila gatal-gatal. Siapa tahun ondedil ini juga kena gatal, cuma tak bisa bilang. Taburi saja bedaknya sambari dipoles dengan kain halus. Ghalib

BACA JUGA

Tips Motor; Merawat Tutup Tangki, Bersihkan Saluran Pernafasan

Komponen YMJET-FI; Manajemen Tenaga Dan Bahan Bakar

Tips Motor; Tuas Rem Cakram Berat, Awas Debu dan Air!

Tips Motor; Saluran Pernafasan Karburator, Biar Lega Di Musim Debu

 

 

BAGIKAN